Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 02/02/2020 10:37 WIB

Banjir, Warga Jatimulya Desak Pemkab Bekasi Normalisasi Kali Pengasinan

Kondisi gorong gorong Kali Pengasinan dekat dengan apartemen Grand Dhika City
Kondisi gorong gorong Kali Pengasinan dekat dengan apartemen Grand Dhika City
TAMBUN, DAKTA.COM - Warga Jatimulya yang bertempat tinggal di Perumahan Jatimulya Bekasi Timur RW 015 dan 013 mendesak Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan normalisasi gorong-gorong Kali Pengasinan yang melalui bawah Tol Jakarta Cikampek.
 
Hal itu mengingat bencana banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut sejak adanya pembangunan apartemen Grand Dhika City tepat di seberang jalur Kali Pengasinan setelah gorong gorong.
 
Keluhan itu disampaikan Ernita mewakili warga Perumahan Jatimulya Bekasi Timur kepada Dakta, Ahad (2/2).
 
"Sejak tahun 2015 kami sudah mengajukan berkali-kali agar jalur gorong-gorong di bawah tol dinormalisasi dan sampai saat ini belum dijalankan bahkan kami harus menderita banjir besar lagi di tahun 2020," ungkapnya.
 
 
Banjir di Perumahan Jatimulya Bekasi Timur akibat kali meluap
 
Ia menyampaikan, urgensi normalisasi itu karena saat ini gorong-gorong sudah terkontaminasi aneka bahan sisa proyek LRT, kereta cepat, dan proyek tol Jakarta-Karawang sehingga semakin meminimalkan fungsi gorong-gorong sebagai saluran air.
 
"Karena sedimen sedimen proyek tesebut juga menjadi penghambat aliran air di bawah gorong-gorong, sehingga mempersempit kali," ujarnya.
 
Menurutnya, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto sudah melakukan kunjungan di wilayahnya pada 16 Januari 2020 lalu. 
 
"Pak Tri menyampaikan hasil rapat dengan Kementerian PUPR ditetapkan bahwa normalisasi gorong-gorong kali tengah Jatimulya dan Kali Pengasinan menjadi tugas dari Dinas PUPR Kabupaten Bekasi. Tetapi sampai hari ini belum ada pergerakkan dari Pemkab Bekasi," paparnya.
 
Oleha karena itu, pihaknya mendesak Pemkab Bekasi melalui Dinas PUPR Kabupaten Bekasi untuk segera melakukan normalisasi di gorong-gorong Kali Pengasinan agar tidak terjadi banjir di wilayah Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2797 Kali
Berita Terkait

0 Comments