Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/01/2020 14:38 WIB

Pemkot Bekasi Berencana Relokasi Ratusan Rumah di PGP

Dampak banjir awal tahun di Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi
Dampak banjir awal tahun di Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi berencana akan melakukan relokasi ratusan rumah di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi.
 
Hal itu menyusul terjadinya banjir besar di perumahan tersebut pada awal tahun 2020 ini.
 
"Kita sudah lakukan pengukuran foto udara, sekitar 140-150 rumah yang akan kita relokasi," kata Kabid Fisik pada Bappeda Kota Bekasi, Erwin Guwinda saat dikonfirmasi Radio Dakta, Kamis (23/1).
 
Menurutnya, lokasi itu nantinya akan dibentuk garis sempadan dan dijadikan tanggul Kali Bekasi, mirip seperti Banjir Kanal Timur (BKT).
 
"Karena Perumahan PGP ini merupakan titik terendah dan tempat pertemuan Kali Cilengsi dan Cikeas," ucapnya.
 
Meski begitu, ia mengaku rencana ini belum disosialisasikan secara formal ke masyarakat hanya sebatas diskusi. Pihaknya menargetkan, dalam tiga bulan kedepan selama masa transisi akan diputuskan terkait relokasi di Perumahan PGP itu.
 
"Mekanismenya juga belum disepakati. Kegiatan ini akan bersinergi dengan Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, musibah banjir pada awal tahun 2020 menyebabkan ratusan rumah warga di wilayah PGP rusak parah. Ketinggian banjir diperkirakan mencapai hingga 6 meter.
 
Oleh karena itulah, Pemkot Bekasi berencana melakukan relokasi bangunan untuk mencegah kembali terjadinya banjir hebat  di wilayah tersebut. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1140 Kali
Berita Terkait

0 Comments