Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 22/01/2020 11:12 WIB

Presiden Minta Buat Perencanaan Sebelum Meminjam ke Bank

Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Manggarai Barat dari Presiden Jokowi
Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Manggarai Barat dari Presiden Jokowi
MANGGARAI BARAT - Selain sebagai pengakuan atas kepemilikan hak atas tanah, sertifikat tanah juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Caranya dengan dijaminkan ke bank untuk dijadikan modal usaha. 
 
Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa dengan dijaminkan ke bank, masyarakat dapat memulai usaha atau juga mengembangkan usaha, apabila mereka sudah memulai usaha sebelumnya.
 
"Namun sebaiknya jangan digunakan untuk membeli motor atau mobil. Jangan. Karena apabila digunakan untuk membeli kendaraan bermotor dan tidak bisa mengembalikan, maka mobil atau motor tersebut akan ditarik oleh dealer dan sertifikat kita disita oleh bank," ujar Presiden saat memberikan pidato pada kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat di Halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Provinsi NTT, Selasa (21/01/2020). 
 
Hendaknya hasil pinjaman dari bank digunakan untuk memulai suatu usaha ataupun mengembangkannya. "Barulah ketika usaha tersebut memperoleh keuntungan, kita bisa membeli motor atau mobil. Selain itu, sebelum melakukan peminjaman ke bank dengan agunan sertifikat, kita harus membuat perencanaan," kata Presiden.
 
Menurut Presiden, perencanaan adalah tahapan yang sangat penting dalam memulai suatu usaha. Modal yang diberikan hendaknya sesuai dengan kebutuhan usaha, dalam artian pas. Mengenai rencana membuka usaha, Presiden mengundang tiga orang anggota masyarakat penerima sertipikat tanah dengan latar belakang kepentingan berbeda. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 491 Kali
Berita Terkait

0 Comments