Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 22/01/2020 08:15 WIB

Banjir di Kolong Jembatan Tol, Tri: Saluran Airnya Tertutup Tiang Pancang LRT

Banjir di Jl KH Noer Ali Kalimalang tepatnya di kolong Tol JORR tidak dapat dilalui, Selasa (21/1)
Banjir di Jl KH Noer Ali Kalimalang tepatnya di kolong Tol JORR tidak dapat dilalui, Selasa (21/1)
BEKASI, DAKTA.COM - Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan proyek strategis nasional (PSN) di Jl KH Noer Ali Kalimalang (kolong Tol JORR) menjadi salah satu penyebab genangan air di sekitar lokasi pembangunan. 
 
Ia menjelaskan, bahwa Kota Bekasi masih menghadapi bencana banjir yang disebabkan curah hujan lokal di beberapa lokasi. 
 
"Terlihat dampak dari pembangunan strategis nasional bahwa implikasinya bagi wilayah lingkungannya cukup luar biasa," ungkap Wakil Wali Kota Tri Adhianto kepada Dakta usai Musrenbang di Kelurahan Jatikarya, Jatisampurna, Selasa (21/1).
 
Menurutnya, salah satu dampaknya seperti terjadi di jalan A. Yani (under pass) jembatan tol Bekasi Barat, yang terjadi genangan dampak hujan deras pada Selasa (21/1) malam.
 
"Itu disebabkan karena pembangunan tiang pancang LRT hingga menutup saluran air yang ada di sekitarnya," jelas Tri.
 
Menurutnya saluran air di lokasi PSN itu, tidak bisa difungsikan maksimal. Sehingga antisipasi saat banjir dibantu dengan melakukan penyedotan menggunakan mobil pemadam kebakaran (Damkar).
 
"Penanganannya jangka pendeknya hanya dengan menyiapkan mobil Damkar. Kedua mencoba memperdalam tanah menjadi lebih luas lagi," ujarnya.
 
Sementara untuk design jangka panjang terkait penanganan banjir, pemerintah sudah menyelesaikan design interkoneksi khusus saluran air, terutama di sisi selatan jalan tol Bekasi Barat.
 
"Design terkait penangan banjir masih baru seputar penanganan di wilayah selatan tol. Untuk sisi Utara tol memang belum ada konsep dan akan dilaksanakan dalam deisgn jangka panjang," pungkasnya. 
 
Hujan deras pada Selasa (21/1) dini hari kemarin mengakibatkan genangan air di sejumlah jalan raya, seperti di Jl KH Noer Ali Kalimalang (kolong Tol JORR). Akibat genangan yang cukup tinggi itu, jalan tidak dapat diakses kendaraan roda 2 maupun roda 4. Sehingga menyebabkan kemacetan yang sangat parah. **
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 685 Kali
Berita Terkait

0 Comments