Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 09/01/2020 10:23 WIB

Kemendagri Gelar Rapat Penanganan Banjir, Hasilkan 3 Poin Krusial

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo
JAKARTA, DAKTA.COM - Rapat Sinkroninasi dan Harmonisasi Perencanaan dan Penganggaran Program Kegiatan Penanganan antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah terhadap penanganan Banjir di Jabodetabek yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyepakati tiga poin krusial, yakni penanganan pasca banjir, antisipasi banjir, serta program jangka pendek dan menengah dalam kaitannya dengan anggaran Tahun 2020.
 
Pertama, pasca bencana penanganan tanggap darurat, yaitu menyelesaikan permasalahan yang ada khususnya dalam memberikan bantuan.
 
"Kedua tentunya antisipasi banjir mendatang karena musim hujannya kan belum selesai, ini keterpaduan dari Pemda dan Kementerian/Lembaga akan segera menyikapi secara terpadu. Ketiga, kaitannya dengan program jangka pendek dan menengah khususnya dalam penganggaran APBD 2020," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo  dalam keterangannya yang diterima, Kamis (9/1).
 
Menurut Hadi, persoalan bencana alam seperti banjir tidak dapat diselesaikan secara parsial, perlu melibatkan seluruh stakeholder baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.
 
"Penanganan banjir tidak bisa diselesaikan secara parsial, ini harus komprehensif meliputi Pemerintah Pusat, Pemda, dan dibentuk sebagai suatu sistem, tidak bisa kita sepotong-sepotong," ujarnya.
 
Rapat tersebut dipimpin oleh Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di Ruang Sidang Utama Gedung A Kemendagri, Jakarta, Selasa (07/01/2020).
 
"Terkait dengan banjir dan pasca banjir di daerah baik di DKI, Tangerang, Bekasi, Lebak, maka Kemendagri melakukan rapat koordinasi dalam rangka sinkroninasi dan harmonisasi perencanaan dan penganggaran," kata Hadi. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1639 Kali
Berita Terkait

0 Comments