Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 22/12/2019 11:58 WIB

Terjebak Kemacetan? Ini 4 Trik Menahan Buang Air Kecil

Toliet
Toliet
JAKARTA, DAKTA.COM  - Perjalanan mudik identik dengan kemacetan dan tak jarang kita merasakan ingin buang air kecil di tengah-tengahnya. Terbatasnya fasilitas toilet umum di jalan membuat pemudik harus menahannya.
 
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menahan rasa ingin buang air kecil pada saat perjalanan mudik adalah sebagai berikut, seperti dirangkum dari berbagai sumber:
 
1. Batasi asupan air
 
Dalam kondisi darurat seperti saat mudik dengan kendaraan bermotor usahakan untuk membatasi asupan cairan. Sehingga dengan begitu jumlah air yang diolah tubuh tidak akan banyak, maka dari itu frekuensi buang air kecil juga akan berkurang. 
 
Pembatasan asupan air putih ini tidak akan menimbulkan efek serius jika dilakukan sesekali, karena hal ini dilakukan hanya untuk mencegah rasa ingin buang air kecil secara berlebihan saat perjalanan. Dalam kondisi normal, hidrasi atau kecukupan cairan harus selalu terjaga karena berbagai fungsi tubuh bisa terganggu bila kekurangan cairan.
 
2. Kenali area jalan
 
Dengan mengenali area jalan yang dilewati, kamu akan tahu di mana tempat untuk buang air kecil ketika rasa itu muncul. Paling tidak, toilet umum pasti tersedia di SPBU atau rest area. Perkirakan juga jalan mana saja yang akan terkena macet atau tidak agar dapat mengatur asupan air yang ingin diminum.
 
3. Duduk tegak
 
Saat merasa ingin buang air kecil di kendaraan, duduklah dalam posisi tegak dengan punggung lurus agar memberikan ruang maksimal pada kandung kemih. Tekan paha secara bersamaan dan tidak bersandar. Usahakan untuk tidak mengganti posisi sebelum sampai ke area toilet umum.
 
4. Alihkan pikiran
 
Mengalihkan pikiran dapat menjadi salah satu trik sementara waktu bagi Anda untuk menahan rasa ingin buang air kecil. Jangan memikirkan hal-hal yang membuat Anda teringat dengan kamar mandi. Harus diingat kembali, menahan buang air kecil tidak boleh sering dilakukan. Hal ini akan mengakibatkan dampak serius, terutama pada organ ginjal. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : health.detik.com
- Dilihat 874 Kali
Berita Terkait

0 Comments