Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 15/12/2019 11:23 WIB

Cara Ini Bisa Sembuhkan Batuk yang Berkepanjangan

Ilustrasi batuk
Ilustrasi batuk
JAKARTA, DAKTA.COM - Batuk terus-menerus yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh tentu sangat menyusahkan. Tidak hanya menyusahkan, batuk terus-menerus juga bisa mengganggu tidur malam dan membuat kelelahan.
 
Batuk terus-menerus yang berlangsung lebih dari delapan minggu pada orang dewasa, atau lebih dari tiga minggu pada anak-anak dikategorikan sebagai batuk kronis.
 
Batuk terus-menerus sebenarnya mudah untuk diatasi jika penyebabnya sudah diketahui. Berikut 11 cara mengatasi batuk terus-menerus serta penyebabnya:
 
1. Antihistamin dan Dekongestan
 
Jika batuk terus-menerus disebabkan oleh alergi dan postnasal drip, dua obat di atas merupakan cara yang efektif untuk menghentikannya. Postnasal drip sendiri merupakan kondisi ketika hidung atau sinus memproduksi lebih banyak lendir yang kemudian masuk ke bagian belakang tenggorokan.
 
Lendir di tenggorokan ini bisa menyebabkan rasa gatal yang kemudian mendorong refleks untuk batuk.
 
2. Obat Asma
 
Ada salah satu jenis asma di mana batuk kering merupakan gejala utamanya. Pengobatan yang efektif untuk mengatasi batuk terus-menerus yang diakibatkan asma adalah kortikosteroid dan bronkodilator.
 
3. Antibiotik
 
Jika batuk terus-menerus terjadi karena infeksi bakteri atau jamur, dokter kemungkinan besar akan memberikan resep antibiotik untuk mengobati infeksi.
 
4. Atasi GERD
 
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung kembali mengalir ke saluran yang menghubungkan lambung dengan tenggorokan. Kondisi ini lebih sering terjadi saat kalian berbaring untuk tidur di malam hari.
 
GERD juga merupakan salah satu penyebab batuk terus-menerus di malam hari. Untuk mengatasi GERD kalian bisa mengubah gaya hidup atau meminum obat yang bisa memblokir produksi asam lambung.
 
5. Konsumsi Minuman Hangat
 
Minuman atau makanan hangat bisa mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan sekaligus meringankan batuk. Untuk menenangkan tenggorokan coba konsumsi teh, jus hangat atau sup ayam.
 
6. Minum Madu
 
Satu sendok teh madu bisa meringankan batuk terus-menerus. Tapi jangan berikan madu ke anak di bawah usia 1 tahun karena mengandung bakteri jahat untuk bayi.
 
7. Pakai Humidifier
 
Udara yang kering dan hangat bisa membuat tenggorokan dan saluran pernapasan menjadi iritasi. Atasi udara yang kering menggunakan humidifier yang bisa membuat ruangan terasa dingin dan lembab sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.
 
8. Hindari Asap Rokok
 
Merokok atau menghirup asap rokok bisa membuat paru-paru menjadi iritasi dan memperburuk batuk hingga sulit sembuh. Jika kalian merokok, sebaiknya segera berhenti, dan jika tidak sebisa mungkin hindari asap rokok.
 
9. Ubah Posisi Tidur
 
Jika mengalami batuk terus-menerus di malam hari, coba tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi beberapa sentimeter dengan menggunakan beberapa bantal sekaligus. Saat berbaring di tempat tidur, benda asing yang bisa mengakibatkan iritasi bisa lebih mudah masuk ke tenggorokan dan memicu batuk.
 
10. Gunakan Penyaring Udara
 
Jika sistem kekebalan tubuh kalian bereaksi terhadap alergen, gejala alergi seperti batuk bisa terjadi. Alergi debu merupakan salah satu penyebab batuk yang umum terjadi, terutama di malam hari.
 
Untuk mengatasi alergen dan debu dari luar, coba gunakan penyaring udara agar udara di kamar selalu bersih dan tidak menyebabkan batuk. Jika kamar atau ruangan kalian menggunakan karpet, gunakan penyedot debu untuk membersihkannya.
 
11. Uap Air Hangat
 
Untuk menghentikan batuk terus-menerus pada anak, coba gunakan uap air hangat. Caranya alirkan air hangat di kamar mandi dan biarkan uapnya menyelimuti kamar mandi.
 
Ajak anak untuk berdiam di kamar mandi yang dipenuhi uap selama 20 menit untuk membantu mereka bernapas lebih mudah dan meringankan batuk.
 
Editor :
Sumber : health.detik.com
- Dilihat 2683 Kali
Berita Terkait

0 Comments