Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/12/2019 12:44 WIB

Ada Kecelakaan Lalu Lintas, Segera Hubungi Layanan Ini

Sosialisasi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas yang diselenggarakan RS Ananda
Sosialisasi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas yang diselenggarakan RS Ananda
BEKASI, DAKTA.COM - Direktur RS. Ananda Bekasi, Titi Mafrisihati menganjurkan masyarakat untuk menghubungi layanan call center 119 apabila terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan.
 
"Apabila kita melihat terjadi peristiwa kecelakaan, kita bisa gunakan layanan emergency dari pemerintah seperti call center 119, sebagai nomor kegawat daruratan Indonesia yang terkoneksi ke wilayah," kata Titi disela kegiatan sosialisasi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu-Lintas yang diselenggarakan RS Ananda, bekerjasama dengan Polres Metro Bekasi Kota, BPJS Kota Bekasi dan Jasa Marga, BRI bersama Mitra Gojek Bekasi.
 
Dari layanan 119, korban kecelakaan lalu lintas nantinya akan dibawa dan ditangani oleh rumah sakit yang terintegrasi dengan layanan tersebut.
 
Menurutnya, kecelakaan lalu lintas di wilayah urban seperti Kota Bekasi terbilang cukup tinggi seiring meningkatnya jumlah penduduk yang mencapai 2,7 juta jiwa. 
 
Kecelakaan lalu lintas sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya jumlah kendaraan yang terus meningkat, adanya beberapa perbaikan terhadap ruas jalan serta terjadinya pembangunan nasional.
 
Untuk mengurangi gejala fatal terhadap korban kecelakaan lalu lintas, Titi mengimbau agar masyarakat memahami tata cara penanganan dini terhadap korban laka lantas sebelum tim medis datang.
 
"Kita bisa mengambil tindakan kepada korban kecelakaan lalu lintas, tentunya dengan standar prosedur. Tindakan ini agar meminimalisasi terjadinya luka parah pada korban sebelum bantuan medis datang," ujar Titi.
 
Sementara itu, Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Indira mengimbau agar masyarakat dan khususnya driver online lebih berhati-hati dalam berkendara. Apalagi belakangan ini sudah memasuki musim hujan, sehingga kondisi jalan yang basah akan lebih rawan terjadinya kecelakaan.
 
Apabila terjadi kecelakaan, baik kepada sesama rekan ojek online maupun masyarakat, ia berpesan agar tindakan pertolongan dilakukan dengan cara-cara yang diajarkan oleh tim medis RS. Ananda.
 
"Bagi tim URC agar tetap menjaga lokasi TKP laka lantas tidak rusak. Bahkan dianjurkan untuk menjaga TKP agar tidak ada orang yang masuk. Tandai kendaraan dan letak korban untuk memudahkan analisa kepolisian," kata AKP Indira. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 778 Kali
Berita Terkait

0 Comments