Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/12/2019 14:30 WIB

Tumpakan Batu Bata Diduga Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Bekasi

Camat Karang Bahagia, Karnadi meninjau tumpukan batu bata yang diduga berusia ratusan tahun
Camat Karang Bahagia, Karnadi meninjau tumpukan batu bata yang diduga berusia ratusan tahun
KARANGBAHAGIA, DAKTA.COM - Sebuah tumpukan batu bata berbentuk kotak persegi yang diduga bernilai sejarah dan berusia ratusan tahun ditemukan di Kampung Lemahabang RT 03 RW 05 Desa Karangmukti Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi
 
Tumpukan bata itu ditemukan oleh Kementerian PUPR ketika dilakukan pengerjaan pembangunan embung, begitu menggali tanah sedalam 3 meter ditemukan tumpukan bata setinggi 2 meter dengan panjang 1 meter.
 
Camat Karang Bahagia Kabupaten Bekasi, Karnadi mengatakan dengan adanya penemuan itu, pihaknya telah melakukan pemantauan dan sudah menginformasikan ke dinas terkait, agar dilakukan pengecekan apakah benar-benar bangunan bersejarah atau bukan.
 
Keyakinan bangunan itu merupakan bersejarah karena di tempat yang sama juga ditemukan beberapa logam bertuliskan "prize jewerly modern flower 1899."
 
"Saya berharap pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan Pusat Penelitian Arkeolog Nasional untuk meneliti bangunan tersebut," ucapnya saat meninjau tumpukan batu bata yang diduga berusia ratusan tahun, Jumat (6/12).
 
Menurutnya jika benar bangunan itu bersejarah maka dapat dijadikan sebagai bangunan cagar budaya.
 
Sementara itu, pembangunan embung yang menjadi tempat penemuan tumpukan batu bata merupakan proyek pemerintah yang dibiayai oleh APBN. Dengan dibangunnya embung diharapkan dapat mengatasi banjir maupun kekeringan di wilayah Karangbahagia dan sekitarnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1627 Kali
Berita Terkait

0 Comments