Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/12/2019 13:54 WIB

Aset Pemkab Bekasi di Kota Banyak Berdiri Bangunan Permanen

Kantor Pemkab Bekasi
Kantor Pemkab Bekasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Aset milik Pemerintah Kabupaten Bekasi yang berada di Tanah Merah Rawa Pasung di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi banyak berdiri bangunan permanen.
 
Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bekasi mengaku tidak pernah memberikan izin kepada masyarakat untuk menempati lahan tersebut dan berencana melakukan penertiban agar lahan yang ada di lokasi itu tertata keberadaannya.
 
Aset Rawa Pasung seluas 103.770 meter persegi itu tidak pernah disewakan kepada pihak manapun. Untuk itu Pemkab Bekasi berencana memasang kembali tanda peringatan yang sempat hilang dicopot oknum tidak bertanggung jawab.
 
Plt Kasatpol PP Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas aset agar nantinya dipasang papan peringatan.
 
"Kami sebagai penegak perda, Satpol PP berkewajiban mendukung dalam melindungi aset-aset milik Pemkab Bekasi," ujarnya di Cikarang, Jumat (6/12).
 
Semenatara itu, berdasarkan catatan Pemkab Bekasi sedikitnya memiliki aset 1.400 bidang tanah yang tersebar di Kabupaten dan Kota Bekasi.
 
Banyaknya aset di Kota Bekasi dikarenakan sebelum terjadi pemekaran pada tahun 1996 lalu Kota Bekasi masih menjadi wilayah kabupaten.
 
Dari 1400 bidang tanah, sebanyak 995 lahan belum bersertifikat sehingga dikhawatirkan akan terjadi persoalan di kemudian hari.
 
Persoalan aset menjadi fokus Pemkab Bekasi, apalagi Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK RI memberikan catatan agar dapat segera diselesaikan.
 
Selain tanah, kendaraan dinas juga masih banyak yang tidak jelas keberadaanya, menurut catatan bagian perlengkapan, jumlah kendaraan dinas yang terdata hingga akhir 2018 sebanyak 1.148 unit. Terdiri dari 273 unit kendaraan roda empat dan 875 unit kendaraan roda dua.
 
Kendaraan dinas tersebut digunakan pegawai di 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1152 Kali
Berita Terkait

0 Comments