Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/12/2019 11:55 WIB

PKS Tolak Usulan Pilpres Lewat MPR

Nasir Djamil
Nasir Djamil
JAKARTA, DAKTA.COM - Anggota Fraksi PKS MPR RI, Nasir Djamil menolak upaya untuk mengembalikan kembali Pilpres kepada mekanisme pemilihan di MPR RI. 
 
"Mengembalikan Pilpres kepada MPR RI hanya akan menjadi langkah mundur demokrasi yang telah berjalan baik selama ini," ungkap Nasir di Jakarta, Jumat (6/12).
 
Nasir mengakui bahwa masih banyak kekurangan dalam proses Pemilu secara langsung dan perlu adanya berbagai evaluasi, tetapi ia menegaskan mengembalikan Pilpres kepada MPR RI bukanlah menjadi sebuah solusi. 
 
"Agar Pemilu langsung dapat lebih baik, maka tidak ada cara lain yakni melakukan pendidikan politik kepada masyarakat agar para calon yang dihasilkan mempunyai kualitas," imbuhnya. 
 
Usulan amandemen terbatas UUD 1945 membuka banyak wacana, salah satunya adalah mengembalikan Pemilihan kepala daerah maupun Presiden melalui lembaga legislatif. 
 
Pemilihan kepala daerah maupun Presiden dengan mekanisme melalui lembaga legislatif juga dianggap akan mengubah kembali susunan ketatanegaraan yang sudah berlangsung selama ini. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 568 Kali
Berita Terkait

0 Comments