Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 16/11/2019 11:51 WIB

Saran Ahli untuk Cegah Kerontokan Rambut

Ilustasi rambut rontok
Ilustasi rambut rontok
JAKARTA, DAKTA.COM - Masalah rambut rontok bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari faktor hormonal, usia, proses pewarnaan, pelurusan dan lain sebagainya. Masalah rambut rontok tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan tingkat kerontokan rambut bisa semakin parah hingga mengalami kebotakan.
 
Ahli Bedah Transplantasi Rambut di Medlinks India, Dr Gaurang Krishna memberikan beberapa tips untuk mencegah kerontokan rambut. Berikut uraiannya seperti dilansir Times of India, Jumat (8/11).
 
1. Penuhi nutrisi
 
Gaurang menegaskan, asupan makanan juga sangat berdampak pada kesehatan rambut. Karenanya penuhi kebutuhan protein dan nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin A, C, D, zat besi dan biotin dapat memperlambat proses pertumbuhan rambut, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut di masa depan.
 
2. Suplemen
 
Mengonsumsi beberapa suplemen dapat membantu memperkuat rambut yang sudah ada. Suplemen seperti biotin, zinc, kalsium pantothenate, vitamin D, omega 3, asam lemak dan banyak lagi dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Namun, dosis setiap orang berbeda-beda. Karenanya sebelum mengonsumsi suplemen konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
 
3. Hati-hati dengan produk rambut
 
Setiap orang perlu berhati-hati dan kritis menyikapi banyaknya produk mulai dari shampoo, minyak rambut dan serum yang menjanjikan anti-rontok. Padahal kondisi kulit kepala dan kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda. 
 
Karenanya, Gaurang memperingatkan masyarakat untuk tidak termakan iklan. Baiknya konsultasikan kepada dokter untuk memastikan produk mana yang baik untuk mengurangi dan memperlambat kerontokan rambut.
 
4. Batasi keramas
 
Selain memerhatikan pilihan produk rambut, kamu juga harus memerhatikan waktu keramas. Dia mengingatkan agar tidak keramas setiap hari, idealnya seseorang melakukan keramas satu sampai tiga kali dalam satu pekan.
 
"Tergantung pada jenis rambutnya, seseorang harus membatasi keramas. Cukup 2-3 kali seminggu," kata Gaurang.
 
5. Kurangi stres
 
Percaya atau tidak, stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan rambut. Hormon yang dilepaskan oleh tubuh di bawah tekanan dapat merusak siklus pertumbuhan. Jadi, cobalah untuk meminimalkan stres dengan bermeditasi, berolahraga, dan mempertahankan pola makan yang baik.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Republika Online
- Dilihat 2250 Kali
Berita Terkait

0 Comments