Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/11/2019 15:08 WIB

Pilkada Langsung Perlu Dievaluasi

Peneliti Politik LIPI, Siti Zuhro
Peneliti Politik LIPI, Siti Zuhro
JAKARTA, DAKTA.COM - Peneliti Politik LIPI, Siti Zuhro menyetujui perlu adanya evaluasi mengenai Pilkada langsung yang dirasakan belum memberikan manfaat terhadap pembangunan daerah. 
 
"Meskipun agak terlambat, tetapi wacana ini memang butuh evaluasi karena sejak diberlakukan pada tahun 2004 silam, masih belum ada dampak positif yang dirasakan bagi pembangunan daerah," ungkap Siti Zuhro, Jumat (15/11).
 
Siti Zuhro mengungkapkan pelaksanaan Pilkada langsung pada awalnya mempunyai tujuan agar kepala daerah mampu melakukan otonomi daerah secara luas sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.
 
"Tapi faktanya, hingga saat ini indeks kesejahteraan masyarakat di daerah juga tak kunjung membaik. Artinya memang perlu ada evaluasi, mengapa belum juga ada perubahan sejak 2004 lalu?," imbuhnya. 
 
Wacana untuk mengevaluasi Pilkada langsung diungkapkan oleh Mendagri Tito Karnavian saat raker bersama Komisi II DPR RI. 
 
Tito beralasan banyaknya para kepala daerah yang menjadi tersangka kasus korupsi karena ongkos politik untuk Pilkada langsung dianggap sangat mahal. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 11210 Kali
Berita Terkait

0 Comments