Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/11/2019 14:58 WIB

DEEP Desak Penyelesaian Masalah Sampah di Kabupaten Bekasi

Sekretaris DEEP Kabupaten Bekasi Fathin Robbani Sukmana
Sekretaris DEEP Kabupaten Bekasi Fathin Robbani Sukmana
TAMBUN, DAKTA.COM - Sekretaris Democracy And Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Kabupaten Bekasi, Fathin Robbani Sukmana menyoroti permasalahan lingkungan di Kabupaten Bekasi.
 
Persoalan sampah di Kabupaten Bekasi belum juga menemukan solusi yang efisien untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di Kabupaten Bekasi.
 
Fathin mendesak pemerintah baik eksekutif maupun legislatif untuk menyelesaikan permasalahan sampah pada hulu masalah.
 
"Untuk menyelesaikan masalah, kita coba selesaikan di hulu masalah, yaitu kita selesaikan Manusianya dulu," ujar Fathin di Sekretariat DEEP Kabupaten Bekasi, Tambun, Kamis (14/11).
 
Menurut Fathin, jika permasalahan sumber daya manusia (SDM) belum selesai, permasalahan sampah tidak akan berhenti hingga kapanpun.
 
"Sekarang saya lihat banyak imbauan dan punishment bagi yang membuang sampah sembarangan, itu akan membuat jera pelaku, tetapi apakah akan mengurangi volume sampah? Belum tentu," tegasnya.
 
Oleh karena itu, Fathin mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten Bekasi membuat regulasi tentang pengendalian sampah di wilayahnya.
 
Karena masyarakat kita umumnya perlu dipaksa agar menjadi terbiasa mengurangi produksi sampah.
 
"Ya dibuat regulasi, atur toko-toko retail, restoran-restoran agar dilarang menggunakan plastik sekali pakai, ini akan cukup efektif dalam "memaksa" masyarakat untuk mengurangi produksi sampah. Karena masyarakat biasanya latah dalam penggunaan plastik khususnya dalam berbelanja, jika sudah diputuskan bisa terlihat hasilnya kurang dari enam bulan,"  tutup Fathin. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 554 Kali
Berita Terkait

0 Comments