Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/11/2019 15:33 WIB

Kualitas Minim, Koperasi di Kabupaten Bekasi Belum Terima KUR

Ilustrasi rupiah
Ilustrasi rupiah
CIKARANG, DAKTA.COM - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi menyebut belum ada satupun koperasi yang ada di wilayahnya yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena kualitas koperasi di wilayahnya masih minim.
 
Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar mengatakan sebenarnya penyaluran KUR itu bisa dilakukan jika Koperasi memiliki kualitas yang baik.
 
Ia mencontohkan seperti koperasi yang ada di beberapa daerah, di antaranya sudah menyalurkan KUR, ditunjuknya koperasi itu karena memiliki manajemen yang baik.
 
"Tidak hanya itu, Koperasi mereka juga didukung oleh modal yang sangat besar. Untuk menjalankan KUR ini, Koperasi tidak hanya bermodal Rp1 miliar saja. Namun modal yang dibutuhkan hingga Rp20 miliar," paparnya.
 
Ia mengaku hal itu bisa dilakukan di Kabupaten Bekasi jika koperasi berjalan secara sehat dari segi keuangannya. Tidak hanya itu saja, salah satu upaya untuk bisa menjadikan Koperasi sebagai penyalur KUR adalah dengan menjaring anggota sebanyak-banyaknya. 
 
"Dalam pembinaan koperasi itu kamin akan bekerjasama dengan Pemkab bekasi supaya kulalitasnya meningkat," ujarnya.
 
Menurutnya, koperasi yang bisa menjadi penyalur KUR harus terlebih dahulu mengikuti seleksi yang dilakukan Kemeterian Koperasi UKM RI, kemudian oleh Kementerian Keuangan RI. Dana KUR tersebut, dikhususkan untuk jenis usaha pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 379 Kali
Berita Terkait

0 Comments