Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 24/10/2019 16:46 WIB

Ditinggal Gerindra, PKS: Demokrasi Tidak Sehat

Ketua DPP PKS Mardani Alisera
Ketua DPP PKS Mardani Alisera
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua DPP PKS Mardani Alisera menyebut komposisi di parlemen menjadi tidak sehat dengan bergabungnya Partai Gerindra kepada pemerintah. 
 
Meskipun masih berharap bahwa PKS tidak akan menjadi parpol oposisi sendirian di parlemen, namun jika melihat peta kekuatan parlemen saat ini maka komposisi parpol yang berada di luar pemerintahan sangat tidak seimbang. 
 
"Dalam sistem demokrasi yang sehat, dari 575 anggota itu 375 pendukung pemerintah dan 200 yang di luar. Itu fungsi check and balances akan berjalan dengan baik," papar Mardani. 
 
Maka dari itu, Mardani masih berharap ada parpol lain yang berani untuk mengambil posisi di luar pemerintahan seperti mereka.
 
"Kami memang tidak gentar sendiri di luar pemerintahan, tapi jelas ini tidak bagus dan akan menjadi wake up call terhadap sistem demokrasi kita," imbuhnya. 
 
Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid juga mengeluarkan pernyataan senada dengan Mardani bahwa sikap mereka yang tetap berada di luar pemerintahan sebagai upaya untuk menyelamatkan demokrasi 
 
"Karena jika semua parpol bergabung dengan pemerintah maka akan terjadi kekuasaan yang mutlak," ungkap Hidayat. 
 
Hingga saat ini, memang hanya PKS yang secara tegas tetap berada di luar pemerintahan meskipun satu per satu rekan koalisi mereka merapat kepada pemerintah. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1493 Kali
Berita Terkait

0 Comments