Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/10/2019 15:30 WIB

Mengemban Amanah

Amanah
Amanah
DAKTA.COM - Oleh: Imam Nawawi
 
Amanah dalam Islam menyangkut banyak hal, termasuk di dalamnya adalah jabatan. Jabatan adalah kondisi seseorang yang secara lahir dan batin siap melayani masyarakat, rakyat, dan umat. Lebih jauh dari itu semua, jabatan akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.
 
Abu Bakar RA saat dilantik menjadi khalifah kaum Muslimin menyampaikan dalam pidato pertamanya sebuah rasa khawatir yang amat tinggi, takut kalau-kalau dirinya menyimpang dari kebenaran. Sejak itu pun Abu Bakar hanya berpikir bahwa kebenaran, keadilan, kejujuran, harus ditegakkan. Ayah Aisyah RA itu sama sekali tidak menyatakan rasa syukur, apalagi mengadakan pesta karena telah dipercaya menjadi pemimpin tertinggi umat Islam.
 
"Saudara-saudara, aku telah diangkat menjadi pemimpin bukanlah karena aku yang terbaik di antara kalian semuanya, untuk itu jika aku berbuat baik bantulah aku, dan jika aku berbuat salah luruskanlah aku.
 
"Sifat jujur itu adalah amanah, sedangkan kebohongan itu adalah pengkhianatan. Orang lemah di antara kalian aku pandang kuat posisinya di sisiku dan aku akan melindungi hak-haknya.
 
"Orang kuat di antara kalian aku pandang lemah posisinya di sisiku dan aku akan mengambil hak-hak mereka yang diperoleh dengan jalan yang jahat untuk aku kembalikan kepada yang berhak mene rimanya.
 
"Janganlah di antara kalian meninggalkan jihad, sebab kaum yang meninggalkan jihad akan ditimpakan kehinaan oleh Allah Subhanahuwata'ala. Patuhlah kalian kepadaku selama aku mematuhi Allah dan Rasul-Nya. Jika aku durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya maka tidak ada kewajiban bagi kalian untuk mematuhiku. Kini marilah kita menunaikan shalat, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Dalam pesan paling intinya, beliau menekankan bahwa ikutilah kepemimpinannya selama dirinya patuh kepada Allah dan tinggalkanlah dirinya jika durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya."
 
Demikianlah keteladanan dari sosok Abu Bakar dalam mengemban amanah. Diri dan keluarganya diarahkan untuk menjadi peraga, penegak, dan pelaku kebenaran, pada saat yang sama mengajak semua masyarakat yang dipimpinnya senantiasa berkomitmen pada kebenaran.
 
Rasulullah bersabda, "Tidaklah ada seseorang hamba yang Allah beri kepercayaan untuk memimpin, kemudian pada saat matinya dia berada dalam (keadaan) melakukan penipuan terhadap rakyatnya kecuali akan diharamkan atasnya untuk masuk surga." (HR Bukhari dan Muslim). 
Editor :
Sumber : Republika
- Dilihat 6308 Kali
Berita Terkait

0 Comments