Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 30/07/2015 13:48 WIB

ICW: Independensi Capim KPK Perlu Ditelusuri

Febri Hendri
Febri Hendri

JAKARTA_DAKTACOM:  Koordinator Divisi Pelayanan Publik Indonesian Corruption Watch (ICW), Febri Hendri, mengingatkan perlunya penelusuran independensi para kandidat calon pimpinan (capim) KPK.  Hal itu dinilai penting mengingat banyak kandidat capim KPK yang berusia senior.

"Independensi para capim, terutama yang berusia senior menjadi perhatian penting kami dalam melakukan proses rekam jejak," ujar Febri ketika dihubungi, Kamis (30/7/15).

Menurutnya, hal tersebut juga penting diperhatikan Panitia Seleksi (Pansel) KPK dan masyarakat. Sebab, kata dia, ada peluang capim senior masih memiliki afiliasi politik tertentu.

"Secara integritas, mungkin kita tidak perlu meragukan kemampuan para capim senior ini. Namun, ada atau tidak latar belakang unsur politis perlu ditelusuri dan dibuktikan lebih lanjut," ujar dia.

Febri melanjutkan, Rabu (29/7/15), pihaknya telah menerima berkas 48 capim KPK. Seluruh berkas akan dijadikan bahan penelusuran rekam jejak para capim.

Hingga saat ini, ICW telah menerima berbagai masukan masyarakat terkait track record 48 kandidat capim.  

"Banyak masukan positif maupun negatif yang kami himpun. Semua masukan akan kami telusuri lebih lanjut. Proses rekam jejak oleh kami masih terus berlangsung," tambahnya.

Reporter :
Editor :
Sumber : Republikaonline
- Dilihat 1532 Kali
Berita Terkait

0 Comments