Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 18/10/2019 09:25 WIB

Ini Pesan Damai MUI Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih

Waketum MUI Zainut Tauhid
Waketum MUI Zainut Tauhid
JAKARTA, DAKTA.COM - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 pada Ahad (20/10) mendatang, MUI menyampaikan sejumlah pesan perdamaian untuk turut mensukseskan agenda tersebut. 
 
"Kami mengimbau masyarakat agar menciptakan situasi dan kondisi yang sejuk, kondusif dan damai. Sehingga agenda kenegaraan tersebut berjalan dengan khidmat, lancar, tertib dan aman," papar Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid melalui keterangan persnya, Jumat (18/10).
 
MUI berpandangan bahwa Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk masa bakti 2019 - 2024 merupakan agenda kenegaraan yang sangat penting, karena kedudukan Presiden dan Wakil Presiden adalah pemimpin negara yang memiliki tugas mulia dan mengemban amanat rakyat untuk menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. 
 
"Selain itu, mereka juga bertugas untuk menjaga nilai-nilai agama dan mensejahterakan kehidupan umat manusia," imbuhnya. 
 
MUI mengimbau kepada masyarakat khususnya para mahasiswa untuk menghormati mekanisme hukum dan demokrasi. Unjuk rasa untuk menyampaikan pendapat adalah hak asasi yang dilindungi oleh konstitusi, namun dalam pelaksanaannya harus tetap mengindahkan nilai-nilai kesantunan, ketertiban dan peraturan perundang-undangan.
 
"Tidak boleh atas nama demokrasi melakukan tindakan anarkhis, mengganggu ketertiban umum apalagi mencoba menggagalkan agenda kenegaraan yang sudah ditetapkan," tegas Zainut. 
 
Maka dari itu, MUI meminta kepada para mahasiswa yang ingin melakukan unjuk rasa agar melalui mekanisme konstitusional yang tersedia, baik melalui legislative review maupun judicial review.
 
MUI juga mengimbau kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa bakti 2019 - 2024 untuk sungguh-sungguh menunaikan janji dan programnya selama masa kampanye. 
 
"Serta melakukan ikhtiar untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia dan tujuan bernegara yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," tutupnya. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 334 Kali
Berita Terkait

0 Comments