Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 04/10/2019 08:47 WIB

Alasan PKS Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid mengungkapkan alasan partainya mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari Partai Golkar untuk menjadi Ketua MPR RI.
 
Menurut Hidayat, latar belakang politik Bamsoet tidak pernah tersandung kasus dan sosoknya dekat dengan rakyat. Apalagi, katanya, Bamsoet berpengalaman dalam berpolitik setelah menjadi Ketua DPR RI 2014-2019.
 
"Beliau berpengalaman dalam berpolitik dan kami memandang beliau adalah tokoh politik senior dari Golkar. Dalam pidatonya pada Rapat Paripurna MPR tadi malam, ia menyampaikan akan menjadikan MPR sebagai rumah kebangsaan dan terbuka bagi masyarakat," katanya kepada Dakta, Jumat (4/10).
 
Ketika disinggung mengenai posisi PKS, mengingat ketua DPR dan MPR berada pada barisan pemerintah, ia menyatakan, PKS tetap akan berupaya bersama rakyat.
 
"Dalam Al Qur'an itu jelas, kita harus bekerja sama dalam kebajikan, artinya kalau kebijakan pemerintah baik, kita akan tetap dukung tapi sebaliknya. Misalnya kita menolak pemindahan Ibu Kota Jakarta ke Kalimantan, karena persiapan dan kajian yang sangat minim," ucapnya. 
 
Pada Kamis (4/10) malam, MPR RI menggelar rapat paripurna untuk membentuk susunan pimpinan MPR RI yang terdiri dari 10 kursi untuk masa periode 2019-2024. 
 
Dua nama sempat bersaing ketat untuk memperebutkan kursi Ketua MPR RI, yakni Bambang Soesatyo dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. 
 
Dalam prosesnya, Bamsoet terpilih secara aklamasi untuk menjadi Ketua MPR periode ini dengan dukungan dari Golkar, PDIP, NasDem, PPP, PAN, PKB, PKS, Demokrat, dan DPD.
 
Hanya Partai Gerindra yang tetap ngotot ingin mencalonkan Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR RI. Namun, pada akhirnya Gerindra menyetujui keputusan tersebut setelah berkomunikasi dengan Pimpinan Partai Gerindra, Prabowo Subianto. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 471 Kali
Berita Terkait

0 Comments