Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 03/10/2019 16:28 WIB

Ngotot Inginkan Ketua MPR, Gerindra Minta Golkar Tiru SBY

Ketua DPP Partai Gerindra, Riza Patria
Ketua DPP Partai Gerindra, Riza Patria
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR, Riza Patria menyebut posisi Ketua MPR RI sebaiknya diserahkan kepada parpol di luar pemerintah. 
 
"Waktu zaman Pak SBY di tahun 2009-2014, posisi Ketua MPR itu kan diserahkan kepada Pak Taufik Kiemas dari PDIP yang berada di luar pemerintahan sehingga tercipta keseimbangan di dalam parlemen," ungkap Riza di Gedung DPR RI, Senayan, Kamis (3/10).
 
Riza mengatakan, hal tersebut juga terjadi saat ini dimana mereka sepakat menyerahkan kursi pimpinan DPR RI kepada para parpol peraih suara terbanyak Pemilu, dimana Puan Maharani dari PDIP menjadi Ketua DPR RI.
 
"Situasinya mirip seperti sekarang, jika tahun 2009 lalu Demokrat yang menang, jadi Ketua DPR. Sekarang PDIP menang, kan mbak Puan juga jadi Ketua DPR," imbuhnya. 
 
Pada hari ini (3/10), MPR RI akan menggelar rapat paripurna untuk membentuk susunan pimpinan MPR RI yang terdiri dari 10 kursi untuk masa periode 2019-2024. 
 
Dua nama masih bersaing ketat untuk memperebutkan kursi Ketua MPR RI yakni Bambang Soesatyo dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. 
 
Kubu Partai Golkar mengklaim bahwa mereka sudah mendapatkan dukungan dari para parpol koalisi mereka yang jumlahnya melebihi setengah anggota MPR RI. 
 
Sementara kubu Partai Gerindra mengingatkan bahwa sejak sistem Pilpres terbuka diterapkan, Ketua MPR RI selalu diisi oleh perwakilan dari parpol di luar pemerintahan. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 485 Kali
Berita Terkait

0 Comments