Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/09/2019 07:09 WIB

Warga Gotong Royong Bersihkan Limbah Sampah di Sungai Cidukuh

Warga Kota Tasikmalaya gotong royong membersihkan limbah sampah di Sungai Cidukuh
Warga Kota Tasikmalaya gotong royong membersihkan limbah sampah di Sungai Cidukuh
TASIKMALAYA, DAKTA.COM - Pelayanan Masyarakat (YANMAS) Ansharu Syariah beserta elemen masyarakat bersihkan gunungan sampah di Sungai Cidukuh Kota Tasikmalaya.
 
"Berawal dari pengaduan warga setempat kepada kami untuk bisa meminimalisir volume limbah sampah di Sungai Cidukuh, sehingga kami tergerak untuk bersinergi dengan warga sekitar untuk membersihkan sungai cidukuh,” terang Ketua Jamaah Ansharu Syariah Tasikmalaya, Ruby Barokah, Senin (30/9).
 
Dalam aksi ini, Ruby menurunkan 25 orang anggota YANMAS bersama warga dan elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim (ALMUMTAZ) untuk turun ke sungai membersihkan sampah yang hitungan tahun lamanya meresahkan warga setempat,
 
"Setelah agenda aksi sosial ini diharapkan masyarakat tidak lagi mengulang kebiasaan membuang sampah sembarangan yang mengotori aliran sungai sehingga berdampak kembali kepada masyarakat,” katanya.
 
Tak hanya itu Ruby berarap agar instansi pemerintah dapat membentuk satuan khusus agar dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat secara berkelanjutan.
 
“Harapan kami adalah terbentuknya tim satgas khusus yang dapat memfasilitasi seluruh operasional khususnya penampungan sampah dan kontroling (penarikan) sampah  secara rutin guna untuk meminimalisir penumpukan sampah,” imbuhnya.
 
Selain itu ia juga meminta kepada seluruh instansi dan dinas terkait Kota Tasikmalaya untuk terus mengawal dan melakukan pembinaan kepada warga masyarakat untuk sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat.
 
Dalam aksi ini, Ruby mengaku masyarakat sekitar memberikan apresiasi respon positif kepada YANMAS Ansharu Syariah yang telah menanggapi keresahan warga sungai Cidukuh, dan berharap agenda ini terus dilakukan secara berkala.
 
“Masyarakat sangat bersyukur dan berterimakasih atas hadirnya kita dari YANMAS bersinergi dan membantu banyak agenda ini sehingga warga bisa bersatu bekerjasama untuk kegiatan aksi sosial ini,” ucapnya
 
Rencanaya, kegiatan ini akan dilaksanakan kembali pada tanggal 06 Oktober 2019,  bekerja sama kembali dengan dinas terkait dan peran swadaya masyarakat Bojong Tritura Sunga Cidukuh Tasikmalaya. (Lutfi Rizal)
Reporter :
Editor :
- Dilihat 3143 Kali
Berita Terkait

0 Comments