Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/09/2019 10:58 WIB

Bayar Iuran JKN Menjadi Prioritas Utama

Sudjiati
Sudjiati

 

BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat agar mereka memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Hidup dan tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap manusia untuk hidup berkembang dan produktif.
 
Saat ini jumlah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional sudah mencapai lebih dari 218 juta jiwa dan Sudjiati (55) salah satu dari peserta tersebut. Sudjiati menjadi peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang biasanya dikenal masyarakat sebagai peserta mandiri sejak tahun 2015. Ia memilih hak kelas rawat kelas 3 dengan iuran sebesar Rp25.500 setiap bulannya.
 
“Sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS di tahun 2015, saya paham prinsip dari adanya program ini, oleh karena itu saya jadikan sebagai prioritas utama karena iuran saya sudah ditunggu untuk biaya pengobatan masyarakat lainnya," ujarnya.
 
Sudjiati menceritakan bahwa selama ini dirinya selalu mengingatkan orang-orang sekitar rumahnya untuk segera mendaftar bagi yang belum, atau membayar iuran bagi yang menunggak. 
 
Baginya sebagai ibu rumah tangga tentu mempunyai banyak waktu untuk bersosialisasi kepada masyarakat sekitar rumahnya. Ia selalu mengutamakan kesehatan sebagai kunci kehidupannya, terlebih saat ini sudah ada program jaminan kesehatan yang terjangkau yagn dibutuhkan oleh masyarakat.
 
“Saya sangat semangat mengajak orang lain untuk segera daftar karena saya ingin tetangga saya memiliki jaminan kesehatan semua sehingga saat sakit tidak perlu sampai menguras tabungan apalagi menjual harta benda,” tuturnya.
 
Sudjiati berharap, Program JKN-KIS dapat berlangsung selamanya dan pelayannnya semakin baik, sehingga makin banyak masyarakat yang bisa merasakan pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa dibeda-bedakan.
 
“Bagi masyarakat yang belum menjadi peserta JN-KIS saya sarankan untuk segera mendaftar karena prosesnya cepat dan tidak ribet, apalagi sekarang sudah banyak rumah sakit dan klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga memudahkan masyarakat untuk berobat. Karena sakit ini datangnya secara tiba-tiba tanpa direncanakan, sehingga perlindungan kesehatan sangatlah penting, menurut saya iuran BPJS Kesehatan sangat terjangkau,” kata Sudjiati sebagai penutup. (adv)
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 144 Kali
Berita Terkait

0 Comments