Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/09/2019 13:35 WIB

Formappi : Tak Ada Jaminan Legislator Petahana Perbaiki Kinerjanya

Peneliti Formappi Lucius Karus mengkritik kontribusi minim Anggota Dewan
Peneliti Formappi Lucius Karus mengkritik kontribusi minim Anggota Dewan
JAKARTA, DAKTA.COM - Peneliti Formappi Lucius Karus menilai tidak ada jaminan apabila anggota dewan petahana mampu memperbaiki kinerja DPR RI di periode selanjutnya. 
 
Lucius mengungkapkan dari hasil penetapan KPU RI, jumlah anggota dewan petahana yang kembali menempati posisi di Senayan mencapai 298 orang dari total 575 kursi yang diperebutkan. 
 
"Idealnya semakin banyak orang berpengalaman diberikan pekerjaan yang sama, harusnya lebih baik. Tapi di DPR kita tidak ada jaminan seperti itu, tidak otomatis membuat kinerja DPR jadi lebih baik," ungkap Lucius di kawasan Matraman, pada Kamis (5/9).
 
Menurut Lucius, kinerja anggota dewan semestinya dikontrol penuh oleh parpol tempatnya bernaung, namun saat ini parpol justru terkesan melindungi kader mereka yang tidak mempunyai kontribusi di parlemen.
 
"Alih-alih menjadi lembaga yang melakukan kontrol, justru malah menjadi benteng bagi anggota DPR RI yang membuat kejahatan, yang malas, dan yang tidak bekerja secara optimal," imbuhnya. 
 
Berdasarkan data dari KPU RI, mayoritas anggota DPR RI periode 2019-2024 memang dikuasai oleh para politisi lawas yang sudah malang melintang di parlemen. Sementara hanya sebanyak 268 orang dari 575 kursi diisi oleh wajah baru. 
 
Jika dilihat dari segi usia, hanya sebanyak 95 orang (16,52%) anggota dewan yang berusia di bawah 40 tahun, dimana Partai Nasdem menempatkan paling banyak kader muda mereka sebanyak 10 orang, sementara PKS tidak menempatkan satupun politisi milenial di parlemen.
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 388 Kali
Berita Terkait

0 Comments