Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 30/08/2019 15:16 WIB

Keagungan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Surat Al Kahfi
Surat Al Kahfi
DAKTA.COM - Surat Al-Kahfi merupakan salah satu surat dalam Al-Quran Al-Karim yang mempunyai keagungan dan keutamaan dibanding beberapa surat yang lain. 
 
Akan tetapi tidak sedikit dari kaum Muslimin yang belum mengetahui keagungan dan keutamaannya, sehingga sebagian mereka jarang atau bahkan hampir tidak pernah membaca dan menghafalnya. 
 
Karena besarnya keagungan surat Al-Kahfi, maka umat Islam dianjurkan membacanya saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya, yakni hari Jumat.
 
“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi)
 
Ulama Hadits mengatakan: Maksudnya Allah SWT akan memudahkan agar mendatangi ka’bah (umroh atau haji).
 
Kemudian terdapat riwayat juga: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan selamat dari fitnah dajjal dan dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)
 
Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal Surat Al Kahfi itu terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. 
 
Sebagaimana yang disebutkan dalam QS Al Kahfi ayat 102: "Maka apakah orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sungguh, Kami telah menyediakan (Neraka) Jahanam sebagai tempat tinggal bagi orang-orang kafir."
 
 
Membaca Surat Al Kahfi dapat mendekatkan ridho Allah dan mendapatkan cahaya keberkahan dari ujung rambut hingga ujung kaki.
 
Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda : “Siapa yang membaca Surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad). (Fitri)
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 3373 Kali
Berita Terkait

0 Comments