Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 27/08/2019 15:21 WIB

Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al Qur'an

Tulisan kaligrafi Arab Islam (Istimewa)
Tulisan kaligrafi Arab Islam (Istimewa)
DAKTA.COM - Allah Ta’ala sangat mengistimewakan bahasa Arab sehingga bahasa yang satu ini menjadi bahasa yang paling utama dari seluruh bahasa yang ada.
 
Keistimewaan itu dibuktikan oleh Allah SWT yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur`an dan bahasa As-Sunnah. Allah Ta’ala juga menjadikannya sebagai bahasa shalat, dzikir, haji, dan ibadah lainnya. 
 
Dijadikannya bahasa Al Qur'an dengan bahasa Arab tentu membuat bangsa Arab juga istimewa. Allah SWT tidak mungkin salah dalam memilih bahasa Al Quran dari bahan Arab.
 
Mengapa bahasa Arab disebut bahasa istimewa? Sebab tidak pernah ada bahasa yang paling lengkap diatas muka bumi ini kecuali bahasa Arab. 
 
Sebanyak 24 juta kata dimiliki oleh bahasa Arab, dan bahasa Arab merupakan bahasa yang bisa mewakili firman Allah.
 
Setiap kata dalam Bahasa Arab itu mempunyai makna. Contohnya kenapa perjalanan disebut dengan safar? Karena diambil dari makna Al Isfar yang bermakna keluar atau terang. Artinya, orang dalam perjalanan sesungguhnya akan nampak dan jelas bagaimana karakternya kalau sudah dalam perjalanan. Itu baru satu kata dari bahasa Arab yang penuh makna, dan masih banyak lainnya.
 
Apalagi bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya dalam berkomunikasi. Allah Ta’ala berfirman:
 
“Kami tidak mengutus seorang Rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ibrahim: 4).
 
Para imam Salafush Shaleh rahimahumullah memandang pentingnya bahasa Arab sebagai alat untuk memahami apa yang difirmankan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
 
Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu juga pernah mengatakan: “Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu termasuk bagian dari agama kalian.” (Masbuqudz Dzahab, hal. 9 dan Idhahul Waqf wal Ibtida`). Wallahu A'lam Bishawab (Fitri)
**
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1018 Kali
Berita Terkait

0 Comments