Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/07/2015 11:59 WIB

Operasi Yustisi Bukan Solusi Menekan Urbanisasi

Operasi Yustisi   Copy
Operasi Yustisi Copy

JAKARTA_DAKTACOM: Pasca arus balik libur panjang Hari Raya Idul Fitri, Pemprov DKI Jakarta akan kembali menghadapi masalah yang sama setiap tahunnya yakni kedatangan pendatang baru yang ingin mengadu nasib di ibukota.

Berdasarkan data pada tahun 2014 lalu, saat ini kepadatan penduduk di wilayah DKI Jakarta sudah nyaris mencapai 20 ribu jiwa/km2.

Pihak Pemprov DKI Jakarta melalui Disdukcapil berencana menggelar operasi yustisi pada tgl 7 Agustus mendatang, untuk mendata para pendatang baru di ibukota.

Namun Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana berpendapat operasi yustisi bukanlah solusi dalam menekan arus urbanisasi.

"Ini tidak akan efektif, operasi ini dapat disiasati kok dgn bermukim di wilayah Bekasi, Depok, dan Tangerang, tapi mereka kan tetap dapat memasuki Jakarta sepanjang hari"

Pria yang akrab disapa Bang Sani ini mengakui bahwa Jakarta masih mempunyai daya pikat bagi masyarakat daerah.

"Ini karena adanya ketimpangan pembangunan yang begitu besar antara Jakarta dan daerah-daerah asal mereka. Solusinya Pemprov DKI Jakarta harus membentuk suatu strategi khusus bersama pemerintah pusat utk membendung arus urbanisasi krn apabila ini dibiarkan, Jakarta semakin sesak dan tidak nyaman untuk ditinggali" pungkasnya.

Reporter : Boy Aditya
Editor :
- Dilihat 1036 Kali
Berita Terkait

0 Comments