Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 13/08/2019 08:41 WIB

Siang Ini, Menhub Resmikan Stasiun KA Telaga Murni di Kabupaten Bekasi

Stasiun Metland Telaga Murni (istimewa)
Stasiun Metland Telaga Murni (istimewa)
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meresmikan Stasiun Kereta Api Metland Telaga Murni di Kabupaten Bekasi pada siang hari ini, Selasa (13/8). 
 
Dengan peresmian stasiun ini diharapkan dapat semakin meningkatkan konektivitas dan pelayanan jasa transportasi Kereta Api khususnya kereta komuter Jabodetabek.
 
"Siang ini, Pak Menhub dijadwalkan akan meresmikan Stasiun Kereta Api Metland Telaga Murni di Kabupaten Bekasi. Dengan kehadiran stasiun ini dapat semakin meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pelayanan transportasi massal kereta komuter Jabodetabek yang selamat, aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hengki Angkasawan.
 
Menhub Budi direncanakan akan berangkat dari Jakarta, menggunakan kereta commuterline bersama dengan vlogger Boy William dan Farah Han dan tiba di Stasiun KA Metland Telaga Murni pada pukul 14.00 WIB. 
 
"Beliau sekaligus ingin berinteraksi langsung dengan penumpang untuk mendengar aspirasi mereka," tutur Hengki.  
 
Pembangunan Stasiun Metland Telaga Murni merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada tahun 2014. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembangunan pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2018. 
 
Pembangunan tersebut diprakarsai Pemerintah Kabupaten Bekasi yang pembangunannya melibatkan peran serta swasta, dalam hal ini pengembang kawasan pemukiman di wilayah Kabupaten Bekasi. Lokasi Stasiun Metland Telaga Murni ini terletak di antara lintas Jakarta-Cikampek tepatnya antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang di Desa Telaga Murni. 
 
Luas tanah Stasiun Metland Telaga Murni adalah 2,051 m2 dan luas bangunan 2,630 m2. Stasiun ini memiliki fasilitas peron 260 meter untuk melayani 12 rangkaian kereta. Stasiun ini dibangun sesuai spesifikasi teknis sehingga memenuhi standar pelayanan minimum stasiun perkotaan, berupa fasilitas seperti ticketing gate, Closed Circuit Television (CCTV), serta petunjuk informasi kereta dan petunjuk jalur bagi penumpang.
 
Stasiun KA Metland Telaga Murni ini telah dilakukan uji coba pengoprasian sejak tanggal 18 Mei 2019 hingga hari ini. Dari hasil uji coba tersebut telah dilakukan evaluasi secara keseluruhan hingga hari ini Stasiun Metland Telaga Murni dinyatakan laik operasi dan siap diresmikan oleh Menteri Perhubungan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1682 Kali
Berita Terkait

0 Comments