Harokah Islamiyah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 09/08/2019 15:58 WIB

Jangan Sampai Terlewatkan, Ini Kemuliaan Puasa Arafah

Ilustrasi puasa
Ilustrasi puasa
DAKTA.COM - Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang penuh berkah dan kemuliaan bagi umat Islam di seluruh dunia, dimana terdapat Idul Adha atau Idul Qurban.
 
Pada bulan Dzulhijjah khususnya di 10 hari awal Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.
 
Sebagaimana Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).” (HR. Al Bukhari)
 
Sedangkan, puasa Arafah ialah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Disebut puasa Arafah dikarenakan pada saat itu, orang-orang yang melakukan ibadah haji sedang wuquf di Arafah. 
 
Adapun bagi mereka yang tidak melakukan haji, atau belum mampu untuk melakukanya, maka mereka disunahkan untuk berpuasa. 
 
Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)
 
Puasa Rafah adalah ibadah mulia yang tidak boleh diremehkan oleh kaum Muslimin. Terlebih lagi dengan keutamaan yang telah Allah dan Rasul-Nya jelaskan, hendaknya dapat menjadi motivasi bagi kaum Muslimin untuk berloma-lomba meraihnya.
 
Adapun niat puasa Arafah, yaitu: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala.
 
“Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.”
 
Setidaknya, kalau kaum Muslimin tidak bisa puasa selama tiga, tujuh, atau sembilan hari pada 10 hari di bulan Dzulhijjah, maka sebaikanya jangan sampai kelewatan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum Idul Adha ini.  Wallahu A'lam Bishawab.
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 7553 Kali
Berita Terkait

0 Comments