Program / Ensiklopedia Islam /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 07/08/2019 20:21 WIB

Bergaulah dengan Orang-Orang Shalih!

Aktivis Dakwah Neno Warisman dalam Taklim Kolosal Radio Dakta
Aktivis Dakwah Neno Warisman dalam Taklim Kolosal Radio Dakta

BEKASI, DAKTA.COM - Rekan dakta, Allah menyatakan dalam Al Qur’an bahwa salah satu sebab utama yang membantu menguatkan iman para sahabat Nabi adalah keberadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di tengah-tengah mereka.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman dalam Surah Ali ‘Imran, ayat ke-101:

“Bagaimana mungkin (tidak mungkin) kalian menjadi kafir, sedangkan ayat-ayat Allah dibacakan kepada kalian, dan Rasul-Nyapun berada ditengah-tengah kalian? Dan barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah maka sesungguhnya dia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”

Allah juga memerintahkan agar selalu bersama dengan orang-orang yang baik.

Allah azza wa jalla berfirman, dalam surah At Taubah, ayat ke- 119:

 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).”


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengajarkan kepada kita agar bersahabat dengan orang yang dapat memberikan kebaikan dan sering menasehati kita.

Para ulama pun bernasehat agar kita selalu dekat dengan orang sholih.

Oleh karenanya, jika orang-orang shalih dahulu kurang semangat dan tidak tegar dalam ibadah, mereka pun mendatangi orang-orang sholih lainnya.

Itulah pentingnya bergaul dengan orang-orang yang shalih.

Oleh karena itu, sangat penting sekali mencari lingkungan yang baik dan mencari sahabat atau teman dekat yang semangat dalam menjalankan perintah agama sehingga kita pun bisa meniru amal-amal kebaikannya.

Jika lingkungan atau teman kita adalah baik, maka ketika kita keliru, ada yang selalu menasehati dan menyemangati kepada kebaikan. Mari tempatkan diri di lingkungan orang-orang shalih. Wallahu a'lam bishawab

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 4467 Kali
Berita Terkait

0 Comments