Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 26/07/2019 09:52 WIB

Pola Asuh Anak, Sangat Ditentukan Dimasa Usia 5 Tahun Pertama

Dampak game pada anak
Dampak game pada anak

BEKASI, DAKTA.COM - Perkembangan anak sangat ditentukan dengan pola asuh sejak dini oleh ke dua orang tua. Masa emas, atau yang dikenal dengan istilah 'golden age' merupakan proses tumbuh kembang anak dalam rentang waktu  hingga usia lima tahun pertama.

"Kalau menurut saya, masa anak tidak akan terulang. Apalagi kita tahu ada masa lima tahun pertama, golden age," kata Psikolog Unisma Bekasi, Neliana Puspitasari kepada Dakta, Selasa (23/7).

Apapun yang terjadi dimasa usia lima tahun pertama itu dapat menentukan masa depan seseorang. "Kalau mau berkaca saat ini, apa yang bisa mempengaruhi kita saat ini pasti kaitannya dengan masa lalu. Terutama dimasa 5 tahun pertama," jelas Neliana.

Masa kritisnya anak yaitu di golden age ada dilima tahun pertama. Jadi jangan sia siakan tumbuh kembang anak. "Yang jelas di lima tahun pertama itu, ada pengoptimalan tumbuh kembang," papar Neliana yang juga Psikolog disebuah rumah sakit swasta di Kota Bekasi.

Menurutnya, tidak ada yang dapat menjamin ketika orang tua bekerja, tumbuh anak optimal atau mungkin orang tua yang memilih bekerja dirumah lebih optimal dari pada anak yang ditinggal orang tua bekerja di luar.

"Yang jelas apa yang harus dijaga dengan anak yaitu quality time . Balik lagi ke keluarga bukan kuantitas. Beda kualitas dengan kuantitas," pungkasnya.

Masa anak tidak akan terulang. Begitu penting mendampingi anak - anak. "Meskipun orang tua bekerja dirumah, tapi tidak bisa menciptakan quality time sia - sia tidak ada maksimal mendampingi anak - anak," jelasnya.

Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 990 Kali
Berita Terkait

0 Comments