Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/07/2019 16:18 WIB

Lewat Pendidikan Sains, Uhamka Tanaman Mahasiswa Berjiwa Islami

Dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka, Rizkia Suciati, M.Pd.
Dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka, Rizkia Suciati, M.Pd.
BEKASI, DAKTA.COM - Bioteknologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan produk yang lebih memiliki nilai guna bagi manusia. Seiring perkembangan, bioteknologi ini juga semakin berkembang di era revolusi industri 4.0.
 
Dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka, Rizkia Suciati, M.Pd., mengatakan secara konsep di era revolusi industri 4.0 ini, bioteknologi diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan sosial di masyarakat.
 
"Revolusi industri 4.0 ini adalah perubahan besar, cepat, dan mempengaruhi kehidupan, artinya tidak punya batas, sehingga ilmu sains bioteknologi bisa jadi solusi di kehidupan seperti permasalahan kesehatan, pangan, energi, dan lainnya," paparnya dalam Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Kamis (18/7).
 
Menurutnya, penemuan dari bioteknologi di era industri 4.0 berimbas pada aspek kehidupan manusia, misalnya di bidang pangan ada Golden Rice dan obat-obatan farmasi lain.
 
Untuk itu, Universitas Prof. Dr. Hamka menyiapkan generasi yang mampu menghadapi revolusi industri 4.0, khususnya mahasiswa di jurusan biologi.
 
"Tidak hanya itu melalui pendidikan sains ini kita tanamkan kepada mahasiswa rasa religiositas, intergitas, hingga atitude. Sehingga menghasilkan lulusan yang berjiwa Islami," jelasnya.
 
Ia menuturkan, sekitar 150 mata kuliah di Uhamka terintegrasi antara pendidikan kompetensi dengan nilai-nilai keislaman.
 
"Kita berupaya mendidik mahasiswa tidak hanya sekadar terampil tapi juga dari segi kejujuran dan integritas," ujarnya.
 
Banyak lulusan dari Uhamka yang mengambil jurusan biologi tidak hanya berprofesi sebagai guru tetapi ada juga sebagai peneliti dan lainnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 450 Kali
Berita Terkait

0 Comments