Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/07/2019 19:45 WIB

Pakar IT Tegaskan FaceApp Aman

Bermain aplikasi FaceApp
Bermain aplikasi FaceApp
JAKARTA, DAKTA.COM - Media sosial sedang viral tentang aplikasi pengedit foto, FaceApp. Melalui aplikasi FaceApp, pengguna bisa mengedit foto wajah menjadi lebih tua atau muda. Akibatnya, ramai-ramai warganet mengunduh dan mencoba aplikasi ini.
 
Peneliti Keamanan Cyber dari Communication & Information System Security Research Center (CISSReC), Ibnu Dwi Cahyo mengatakan, hampir semua aplikasi itu mempunyai potensi berbahaya.
 
"Karena saat kita menginstal itu ada semacam izin menyetujui bahwa data yang masuk bisa digunakan oleh aplikasi tersebut," ujarnya saat dihubungi Radio Dakta, Jumat (19/7).
 
Bahkan menurutnya, aplikasi FaceApp ini lebih aman jika dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan semacamnya karena harus login melalui email.
 
"Sebenarnya kalau Instagram dan Facebook lebih berbahaya. Kalau FaceApp hanya foto selfie lalu mengubah foto wajah tanpa perlu login artinya saat kita uninstall memberikan akses FaceApp mengambil foto, dan semua aplikasi seperti itu," ucapnya.
 
Meski begitu, ia tidak menampik jika aplikasi FaceApp ini bisa saja disalahkan gunakan oleh pihak developer untuk menjual foto penggunanya.
 
"Tapi dia akan melihat foto-foto yang bagus. Mereka bukan mengincer foto orang biasa, tapi orang-orang berpengaruh yang fotonya diambil untuk dijual, kalau orang biasa engga masalah," ungkapnya.
 
Sebenarnya, kata dia, aplikasi FaceApp ini sudah lama. Namun baru-baru ini viral karena digunakan oleh selebriti ternama sehingga banyak orang yang mengikutinya.
 
"Menurut saya aplikasi ini aman saja, karena enggak ada tulisan dan data lain hanya pengedit foto. Apalagi belum ada kejadian skandal seperti yang melibatkan Facebook. Ini hanya sedang ramai," pungkasnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 495 Kali
Berita Terkait

0 Comments