Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 17/07/2019 14:21 WIB

Mengendalikan Menstruasi Ketika Melaksanakan Ibadah Haji

Ilustrasi Wanita Haid
Ilustrasi Wanita Haid

JAKARTA, DAKTA.COM - Siklus menstruasi menjadi salah satu kekhawatiran Muslimah yang melaksanakan ibadah haji. Anggota Tim Promotif Preventif dr Mona Sp.OG mengatakan, sesungguhnya masalah menstruasi dapat diatur atau dikendalikan dengan bantuan obat-obatan tertentu. Pengaturan ini bertujuan untuk mengatur hormon sehingga siklus menstruasi bisa disesuaikan dengan waktu ibadah yang diinginkan.

"Jadi pada jamaah wanita yang usia reproduksi yang berusaha untuk mengatur siklus haidnya agar pada waktu ibadah wajib itu tidak mengalami menstruasi, jamaah bisa mengaturnya dengan memajukan atau memundurkan siklus haidnya," ujar dokter spesialis kebidanan ini.

Dokter Mona, menyarankan para jamaah haji wanita yang akan mengontrol siklus haid bisa dengan melakukan rekayasa hormonal. Caranya dengan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon seperti pil kontrasepsi.

"Pil kontrasepsi ini mengandung hormon estrogen dan/atau progesteron dengan dosis tertentu," katanya.


Mona menyampaikan, penggunaan pil kontrasepsi ini tidak bisa sembarangan. Karena sebelum menggunakannya jamah harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Baik saat di Indonesia maupun ketika sudah sampai di Arab Saudi.

"Pada beberapa orang, pemakaian pil kontrasepsi memiliki efek samping seperti sakit kepala dan mual," katanya.

Dokter Mona menyarankan, jika hal ini terjadi, maka bisa diatasi dengan mengganti kombinasi yang mengandung hormon lain. Bisa juga dengan metode kontrasepsi lainnya seperti suntik.

"Untuk kapan digunakan obat itu, kapan dia pakai itu, sudah harus dikonsultasikan sama dokter yang bertugas untuk memantau kapan waktu haidnya. Jadi pada waktu wukuf nanti sudah diprediksi, oh saya tidak akan haid pada waktu nanti," pungkas Mona.

Editor :
Sumber : Ihram.co.id
- Dilihat 917 Kali
Berita Terkait

0 Comments