Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/02/2019 11:20 WIB

Rahasia Sukses Berbisnis Ala Rasulullah SAW

Bincang Keuangan bersama Praktisi Keuangan, Osrinita Oesman
Bincang Keuangan bersama Praktisi Keuangan, Osrinita Oesman
BEKASI, DAKTA.COM - Rasulullah shallallahu alaihi wasallam merupakan seorang pebisnis yang sukses. Dengan strategi dan kejujurannya, Rasulullah SAW bisa menjadi seorang saudagar yang kaya di usia muda.
 
Cara dan sikap Rasulullah bisa menjadi contoh bagi pemula untuk memulai start up bisnis.
 
Pakar Keuangan, Osrinita Oesman menuturkan, kita harus mencoba cara Rasulullah SAW dalam berdagang diantaranya mengutamakan ibadah setelah itu ikhtiar atau berusaha.
 
Dalam Al Quran surat Al Jumuah ayat 10 sudah dijelaskan "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung."
 
"Ketika berusaha dalam bisnis harus secara maksimal dan Rasullullah itu seorang yang pekerja keras," katanya dalam Bincang Keuangan di Radio Dakta, Kamis (14/2).
 
Ia menyampaikan, Rasulullah SAW dalam berbisnis sangat mengutamakan kehalalan, baik produk, tempat, dan proses jual beli.
 
"Cara berdagangnya harus benar, dengan menjauhkan riba. Karena dalam Al Quran juga dijelaskan bahwa Allah memperbolehkan jual beli dan mengharamkan riba," jelasnya.
 
Sementara itu, ketika Rasulullah SAW sukses, Baginda Nabi Muhammad tidak lupa bahwa harta yang dimilikinya merupakan titipan dari Allah SWT sehingga akan dimintai pertanggungjawabnya.
 
"Kalau sudah sukses kita sering kali lupa untuk bersedekah, padahal itu wajib. Harta itu amanah yang harus dijaga dan digunakan sebaik-baiknya," pungkasnya. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2750 Kali
Berita Terkait

0 Comments