Nasional /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 09/02/2019 11:04 WIB

Banyak Jalan Tol, Said Didu : Hanya Tiga Ruas Yang Untung!

Mantan Staf Ahli Kementerian BUMN, Said Didu
Mantan Staf Ahli Kementerian BUMN, Said Didu

JAKARTA, DAKTA.COM - Mantan Staf Ahli Kementerian BUMN Said Didu mengungkapkan hanya ada tiga ruas tol yang menghasilkan keuntungan untuk negara.

Hal ini ia paparkan dalam diskusi publik bertema 'Visi Misi Indonesia Menang, Kebijakan Prabowo-Sandi dalam sektor Sumber Daya Alam, Infrastruktur, dan Energi' pada Jumat (8/2).

Said mengemukakan meskipun pemerintah saat ini sedang gencar untuk pembangunan infrastruktur jalan tol, namun faktanya hanya ada tiga ruas tol yang mendapatkan keuntungan.

"Jika kita berhitung di luar musim mudik, itu hanya tiga tol yang dapat untung, tol Cikampek-Cileunyi, Jagorawi, dan Jakarta-Tangerang. Bahkan tol Bocimi dan Becakayu itu sudah dua kali ditawarkan karena terus merugi," terang Said.

Said menyebut proyek infrastruktur yang dibangun pemerintah terkesan dipaksakan dan hanya sebagai pencitraan politik semata karena pada akhirnya tidak berfungsi secara optimal.

"Contohnya LRT Palembang, kereta Bandara, sama Bandara Kertajati. Akhirnya BUMN yang disuruh berhutang untuk pembiayaan proyek itu, nah ini yang membuat keuangan mereka tidak sehat," imbuhnya.

Pembangunan infrastruktur, lanjut Said, tidak optimal karena hanya menyasar kepada sektor komersial, bukanlah pembangunan infrastruktur dasar yang lebih penting.

"Coba perhatikan infrastruktur yang dibanggakan hanya jalan tol saja, tapi saya belum pernah mendengar pemerintah sedang membangun saluran irigasi, bangunan sekolah, atau jalan-jalan di desa," tutupnya.

Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 311 Kali
Berita Terkait

0 Comments