Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/01/2019 15:01 WIB

Persiapan Pemilu Terlalu Terpaku kepada Pilpres

diskusi publik bersama DKPP
diskusi publik bersama DKPP
JAKARTA, DAKTA.COM - Direktur Eksekutif Sindikat Pemilu dan Demokrasi, August Mellaz mengkritisi penyelenggara Pemilu 2019 tidak mampu memberikan informasi yang cukup kepada publik terkait Pileg. 
 
Dalam acara diskusi publik bersama Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), August mengemukakan bahwa pihak penyelenggara Pemilu lebih terpaku kepada sosialisasi tentang dua paslon yang akan bertarung dalam Pilpres, 
 
"Mereka terkesan mengabaikan persiapan Pileg yang justru mempunyai masalah yang lebih kompleks. Disana ada empat surat suara untuk DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota," papar August di Gedung DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Selasa (22/1).
 
August juga berpendapat penyelenggara Pemilu tidak mampu menjawab dengan baik sejumlah isu yang berkembang seperti masalah hoaks surat suara yang telah tercoblos. 
 
"Yang terjadi mereka hanya bersikap reaktif saja dalam menanggapi masalah hoaks, publik tidak diberikan penjelasan yang lebih atas isu tersebut," ucapnya.
 
Maka dari itu, August menyarankan agar pihak penyelenggara Pemilu mampu melakukan perbaikan dalam kurun waktu tiga bulan lagi.
 
Pada hari ini, DKPP menggelar diskusi publik mengangkat tema menguji integritas penyelenggara Pemilu bersama Sindikat Pemilu dan Demokrasi serta Lembaga Peneliti Pemilu Founding Father House (FFH). 
 
Dalam catatan dari FFH, mereka menemukan fakta bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui teknis pemungutan suara dan bagaimana cara melaporkan temuan kecurangan pada Pemilu. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 604 Kali
Berita Terkait

0 Comments