Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 20/01/2019 09:28 WIB

KPU Kabupaten Bekasi Ajak Relasi Aktif Sosialisasi Pemilu 2019

Acara pengukuhan Relawan Demokrasi oleh KPU Kabupaten Bekasi
Acara pengukuhan Relawan Demokrasi oleh KPU Kabupaten Bekasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mengukuhkan sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) yang akan menjadi mitra sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih pada Pemilu Serentak 2019.
 
Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin dalam sambutannya berharap agar para Relawan Demokrasi dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga bisa memberikan pencerahan dan meningkatkan partisipasi pemilih.
 
"Saudara sekalian mendapat amanah sebagai Relawan Demokrasi maka punya tanggungjawab untuk menyukseskan Pemilu, sampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih dalam Pemilu demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya di Hotel Sahid, Lippo Cikarang, Sabtu (19/1).
 
KPU Kabupaten Bekasi mengukuhkan sebanyak 55 orang Relasi
 
Jajang mengingatkan para relawan agar selalu berpedoman pada kode etik, bersikap independen, imparsial dan non partisan, bertindak santun, serta berperilaku baik.
 
Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Arief Noorman Nasir mengatakan para relawan mendapatkan pembekalan seperti pentingnya demokrasi, tahapan Pemilu, dan komunikasi publik.
 
"Mereka yang dikukuhkan telah melewati proses seleksi dan selanjutnya akan menjadi duta sosialisasi Pemilu sesuai basisnya masing-masing," terangnya.
 
Relawan Demokrasi terdiri dari laki-laki 38 orang dan perempuan 17 orang yang berasal dari sejumlah basis pemilih, seperti keluarga, perempuan, pemilih pemula dan muda, penyandang disabilitas, keagamaan, serta basis netizen.
 
Pembekalan diberikan langsung oleh anggota KPU Kabupaten Bekasi, diantaranya materi dinamika demokrasi dan Pemilu disampaikan oleh Abdul Harits, komunikasi publik oleh Ahmad Fauzie Usman, dan kode etik Relasi dipaparkan oleh Wahab Habieby.
 
Raka (21) mengaku senang bisa terpilih menjadi Relawan Demokrasi pada Pemilu serentak yang pertama diselenggarakan di tanah air.
 
"Tentunya sangat senang dan beruntung bisa terpilih sebagai relawan, saya punya kesempatan  untuk belajar dan berperan lebih dari sekedar seorang pemilih dalam pemilu nanti," pungkasnya.**
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 957 Kali
Berita Terkait

0 Comments