Jelang Pemilu 2024 /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 16/01/2019 13:54 WIB

Pengamat Nilai Debat Perdana Jokowi Lebih Diuntungkan, Tapi...

Jokowi bersama Prabowo
Jokowi bersama Prabowo
JAKARTA, DAKTA.COM - Pengamat politik Indonesia Political Review (IPW), Ujang Komarudin menilai jokowi sebagai incumbent atau petahana akan lebih diuntungkan daripada pasangan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno pada debat perdana pada 17 Januari 2019 mendatang.
 
"Karena kinerja Jokowi sudah dapat diukur dan dinilai langsung oleh masyarakat," ujar Ujang ketika dihubungi Radio Dakta, Rabu (16/1). 
 
Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan jika Prabowo Subianto juga dapat menarik simpatik masyarakat dalam depat perdana ini, tergantung cara penyampaian argumentasinya.
 
"Oposisi juga bisa diuntungkan jika masyarakat melihat incumbent kinerjanya jelek. Pak Prabowo juga dapat meyelip, tergantung dia berargumen dalam debat apakah kreatif dan inovatif, ketimbang hanya menyerang partai politik," ucapnya.
 
Menurutnya, penilaian masyarakat terhadap kinerja Jokowi sebagai petahana masih tinggi di bidang hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi yang akan menjadi tema dalam debat pertama. 
 
Debat perdana ini menarik dan inspiratif untuk pelaksanaan debat-debat berikutnya, ia menuturkan, layaknya pertemuan kesan pertama, debat ini menentukan kesan publik terhadap para kandidat capres-cawapres.
 
"Debat besar kecil berpengaruh pada persepsi masyarakat, maka gairah masyarakat sangat tinggi terbukti antusiasme masyarakat untuk menonton debat sudah terlihat," pungkasnya. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 770 Kali
Berita Terkait

0 Comments