Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 09/01/2019 11:21 WIB

Polri Amankan Dalang Hoaks Surat Suara Tercoblos

Konpres Direktorat Tindak Pidana Cyber Polri terkait kasus 7 kontainer surat suara tercoblos
Konpres Direktorat Tindak Pidana Cyber Polri terkait kasus 7 kontainer surat suara tercoblos
JAKARTA, DAKTA.COM - Direktorat Tindak Pidana Cyber Polri mengamankan dalang dibalik penyebaran hoaks terkait adanya surat suara yang telah dicoblos. 
 
Dalam konferensi persnya, Karo Penmas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengemukakan mereka telah menangkap seorang berinisial BBP sebagai dalang dari isu hoaks penemuan surat suara tercoblos di kawasan Tanjung Priok beberapa waktu lalu. 
 
"Ini berdasarkan dari keterangan dua orang tersangka yang telah kami mintai keterangan sebelumnya, kemudian juga dari penelusuran jejak digital yang kami selidiki," ungkap Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Kebayoran Baru, di Jakarta pada Rabu (9/1).
 
Dedi mengatakan kasus ini masih dalam proses pengembangan dan akan diserahkan sepenuhnya pada Direktorat Tindak pidana cyber Polri untuk pengembangan. 
 
"Ini masih permulaan, kami masih terus melakukan pengembangan bersama dengan tim Direktorat Cyber Polri. Nanti hasilnya akan kami umumkan kembali," imbuhnya. 
 
Dedi mengaku pihaknya tidak akan terlalu masuk dalam ranah politik karena hal tersebut adalah kewenangan dari KPU dan mereka hanyalah fokus pada penegakan hukum.
 
"Kami hanya bekerja berdasarkan fakta hukum, tidak akan mengkait-kaitkan ke sana. Fakta hukumnya hingga saat ini, BBP sebagai dalang dari isu hoaks tersebut," tutupnya. 
 
Seperti diketahui beberapa waktu lalu muncul kabar yang beredar bahwa telah ditemukan sebanyak tujuh kontainer yang berisi surat suara yang telah dicoblos di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. 
 
Para Komisioner KPU langsung mendatangi Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengecek kebenaran dari kabar tersebut. 
 
Namun mereka tidak menemukan apapun dan menyatakan bahwa informasi mengenai surat suara yang telah dicoblos tersebut adalah hoax dan melaporkan kejadian tersebut kepada Bareskrim Polri. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 380 Kali
Berita Terkait

0 Comments