Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/12/2018 09:13 WIB

Bentuk Solidaritas, Palestina Gelar Sholat Gaib Untuk Uighur

Penindasan Muslim di Uyghur, Xinjiang (Foto: Istimewa)
Penindasan Muslim di Uyghur, Xinjiang (Foto: Istimewa)
GAZA, DAKTA.COM - Ratusan warga Palestina menggelar shalat gaib dan doa bersama untuk Muslim Uighur, pada Rabu (19/12). Yayasan Nusantara Palestina Center ini mengajak warga Gaza shalat gaib di Masjid Umari, Gaza utara.
 
Shalat gaib dan doa bersama di Gaza tersebut merupakan bentuk solidaritas dari Muslim Gaza untuk etnik Uighur.
 
"Terharu saya meneteskan air mata bukan karena banyaknya jumlah jamaah Gaza yang melakukan shalat ghaib dan mengangkat kedua tangan untuk mengaminkan doa, tetapi karena nikmat ukhuwah dan persahabatan yang tak bisa dinilai atau ditukar dengan uang atau materi," ucap Pendiri Yayasan Nusantara Palestina Center, Abdillah Onim, dalam pernyataan resminya, Kamis (20/12).
 
Menurut Onim,  memperjuangkan hak kemanusiaan bukan persoalan siapa yang terdepan dalam berbuat, tetapi soal bagaimana rasa kemanusiaan mudah tergerak dan mengajak orang lain untuk ikut tergerak juga. 
 
"Jika satu penghuni dunia terdapat setitik rasa kemanusiaan maka dunia akan damai," ujar dia.
 
Etnis Muslim Uighur diduga ditahan di kamp-kamp dan diminta untuk melakukan kerja paksa oleh Pemerintah Cina di Provinsi Xinjiang, kabar itu diperkuat dengan laporan soal kondisi mengenaskan etnis Uighur dalam kamp-kamp re-edukasi di Xinjiang terus bermunculan. 
 
Pemerintah Cina menolak tudingan pelanggran HAM terhadap etnik Uighur, otoritas mengklaim perbuatanitu sebagai tindakan tegas untuk mencegah terjadinya penyebaran ideologi ekstrimisme di kalangan masyarakat Uighur di Xinjiang. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 545 Kali
Berita Terkait

0 Comments