Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/12/2018 15:34 WIB

Dakta Peduli Salurkan Sembako ke Pelosok Donggala

Dakta Peduli Salurkan Sembako ke Pelosok Donggala 1
Dakta Peduli Salurkan Sembako ke Pelosok Donggala 1

DONGGALA, DAKTA.COM - Siang jelang sore itu, Tim Relawan Laznas Dewan Dakwah  bermaksud mendistribusikan bantuan paket sembako bagi warga Desa Puramalino, yang  terletak di atas Ombo. Bantuan kemanusiaan ini berasal dari donatur Yayasan Dakta Peduli dan  Laznas Dewan Dakwah.

‘’Wah, terlalu beresiko, nggak bisa naik sekarang,’’ ujar Ustadz Roy Nugroho di penghujung  Desa Ombo, Kec Sirenja, Kab Donggala, Sulteng.

Untuk mencapai Desa Pura dibutuhkan perjalanan dua jam menumpang ojek motor.  Ongkosnya Rp2000 per kilogram penumpang maupun barang.

Jelang Jumatan, Tim yang bertolak pagi hari dari Kota Palu tiba di Desa Sipi, Sirenja pada  Jumat (7/12). Usai sholat Jumat dan makan siang di Kampung Maling Pura, kafilah menuju  Desa Ombo. Banyak tenda pengungsi di kawasan tepi hutan ini. Bantuan yang masuk belum  mencukupi, apalagi dari pemerintah masih sebatas ‘’angin surga’’.

Tim yang dipimpin Ustadz Roy memutuskan untuk membagikan sebagian paket sembako di  Ombo. Selain beras, juga ada susu, minyak, gula, dan mie.

Nah, tatkala hendak naik ke Pura di kaki Gunung Panambaila pada ketinggian hingga 840 dpl,  hari sudah telanjur kesiangan. Medan yang harus ditempuh juga cukup licin akibat hujan  sebelumnya. Jalan tanah sepanjang 26 km yang sempit dan becek itu diapit hutan dan jurang  di kanan-kirinya.

‘’Ngeri ah,’’ ujar Mela Fadla, satu-satunya relawati dalam Tim. Ia harus duduk di atas karung  beras yang dibonceng motor, melintasi jalur off road selama dua jam.

Alhamdulillah, bantuan akhirnya sampai juga ke lebih seratus keluarga penduduk Puramalino  pada lusa harinya, Ahad (9/12). Perjalanan melelahkan dan berbahaya, terbayar oleh senyum  bahagia umat Muslim yang terpencil di atas bukit tersebut.


Selain untuk warga Desa Pura dan Ombo, sebelumnya Tim telah membagikan paket sembako  kepada warga Muslim Dusun Maliko, Desa Ape Maliko, Kec Sindue. Paket sembako sebanyak  lebih seratus bungkus itu menghibur jamaah Masjid Al Fatah yang baru diresmikan setelah  direhab. **

Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 553 Kali
Berita Terkait

0 Comments