Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/12/2018 15:09 WIB

Jelang Libur Akhir Tahun, Kemenhub Cek Kelaikan Angkutan

Menhub Budi Karya Sumadi 1
Menhub Budi Karya Sumadi 1
BEKASI, DAKTA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengecekan kelaikan jalan angkutan darat dan udara akan dilakukan untuk menghindari kecelakaan saat libur Natal dan Tahun Baru.
 
Menhub mengatakan dalam mempersiapkan libur akhir tahun pihaknya sudah melakukan rapat internal dan koordinasi dengan polisi, Dishub, dan sebagainya.
 
Pihaknya sangat memperhatikan angkutan darat dan udara, dimana operator airlines diimbau meningkatkan jumlah penerbangan ke Manado, Papua, dan Sumatera Utara.
 
"Lapangan kecil juga disiapkan untuk menampung tingginya intensitas pesawat. Kami juga meminta pesawat terbang melakukan ram check agar mencegah terjadinya kecelakaan,"  katanya saat menghadiri Dies Natalis Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi, Senin (11/12).
 
Sementara untuk jalur darat, Kemenhub bersama Menteri PUPR akan memantau kondisi jalan tol Jakarta-Surabaya agar memastikan layak dilalui.
 
Budi Karya menambahkan, untuk kendaraan angkutan darat juga dicek kelaikannya, setelah dicek maka akan ditempeli stiker.
 
"Jika ada kendaraan yang tidak ada stiker layak jalan maka, kami meminta kepolisian menerapkan aturan hukum dan tidak memperbolehkan angkutan itu jalan," ujarnya.
 
Untuk pelarangan truk besar melewati jalan tol, guna menghindari kepadatan akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pengusaha.
 
Ia memprediksi lonjakan kendaraan saat libur akhir tahun tidak terlalu berarti, berbeda dengan libur Lebaran. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1045 Kali
Berita Terkait

0 Comments