Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/12/2018 14:39 WIB

Upaya Pemkot Bekasi Wujudkan Kota Layak Anak

Anak Bekasi di Inline Skate Stadion Patriot Candrabhaga
Anak Bekasi di Inline Skate Stadion Patriot Candrabhaga

BEKASI, DAKTA.COM - Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kota Bekasi dalam kurun waktu Januari sampai November 2018 masih di atas 100 kejadian.

"Data di kita yang melaporkan angka kekerasan dalam rumah Tangga sebanyak 126 dari  Januari-Novemver 2018. Sementara untuk angka kekerasan terhadap anak 102 kejadian,"  ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi, Hj Riswanti, Selasa (11/12).

Menurutnya, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bekasi  terus berupaya mewujudkan Kota Layak Anak, meski sampai kini sudah enam penghargaan sebagai Kota Layak Anak di berbagai tingkatan diperoleh.

"Kita juga melakukan upaya sosialisasi ke masyarakat, sekolah-sekolah bahkan banyak warga  yang minta seperti besok Sabtu (15/12) di Kelurahan Margahayu juga akan kita lakukan sosialisasi. Intinya stop kekerasan baik pada perempuan maupun anak," kata Riswanti.

Pemerintah Kota Bekasi sejak 2013 lalu telah melaunching program Kota Layak Anak. Pemkot Bekasi juga sudah menggulirkan berbagai program berserta lembaga yang dibentuk untuk  mempermudah pencapaian program.

Melalui Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Bekasi,  program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), dan OPD  terkait, semuanya mengarah kepada pencapaian Kota Layak Anak.

“Kota Layak Anak berarti pemerintah berperan aktif dalam pemenuhan sistem yang peduli  tentang tumbuh kembang termasuk perlindungan terhadap anak di Kota Bekasi. DP3A juga  memiliki lembaga khusus agar sistem ini berjalan,” kata Riswanti.

Menurutnya, upaya ini cukup efektif. Terbukti Pemerintah Kota Bekasi selain menjalankan  program turut mendapat apresiasi yang tinggi dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi  Jawa Barat.

“Sudah ada enam penghargaan terkait Kota Layak Anak. Dua diantara meraih hingga Tingkat Nasional dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Diantara prestasi itu Juara Kluster Kesehatan Kota Layak Anak (KLA) Award Provinsi Jawa Barat di 2016,"  katanya.

Selain itu, penghargaan Gubernur Jawa Barat Kota Layak Anak Award 2017, Juara II Terbaik Jambore Forum Anak Daerah Jawa Barat dan Juara III lomba Program Terpadu P2WKSS Tahun 2017 dari Provinsi Jawa Barat. Raihan positif ini akan terus memotivasi DP3A Kota Bekasi agar  lebih baik lagi mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Bekasi. **

Reporter : Warso Sunaryo
- Dilihat 1115 Kali
Berita Terkait

0 Comments