Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 10/12/2018 09:09 WIB

E-KTP Tercecer, DPR: Semestinya Ada Antisipasi dari Pemerintah

Blangko e KTP
Blangko e KTP
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ir. H.E. Herman Khaeron, M.SI., menyoroti kasus penemuan e-KTP oleh anak-anak di area persawahan Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Sabtu (8/12).
 
Menurutnya, kejadian tercecernya e-KTP seharusnya tidak terjadi dan harus diantisipasi oleh pemerintah karena hal seperti ini dapat disalahgunakan oleh pihak tertentu.
 
"Fungsi e-KTP ini kan sangat krusial sebagai simbol identitas masyarakat Indonesia. Semestinya pemerintah harus melindunginya agar tidak terjadi keteledoran seperti ini," ucapnya ketika dihubungi Radio Dakta, Senin (10/12).
 
Untuk menyikapi kasus ini sepatutnya, kata dia, dibuat panitia kerja khusus untuk mendalami kasus tercecernya e-KTP di beberapa daerah.
 
"KTP sebagai aksesibilitas untuk berbagai kepentingan masyarakat seperti BPJS, asuransi, perbankan, dan sebagainya. Maka semestinya keamanan e-KTP harus dijaga jangan sampai disalahgunakan," jelasnya.
 
Ia juga mengatakan, kejadian tercecernya e-KTP dikhawatirkan dapat mengancam kedaulatan kewarganegaraan Indonesia karena dapat dijadikan tindak kejahatan oleh oknum.
 
Peristiwa permasalahan e-KTP akhir-akhir ini mencuat setelah ditemukannya e-KTP tercecer di Bogor pada Sabtu (26/5/18) lalu dan di area persawahan di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Sabtu (8/12/18). Sebumnya juga diberitakan adanya bisnis blangko e-KTP ilegal secara online di marketplace. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 599 Kali
Berita Terkait

0 Comments