Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 30/11/2018 19:21 WIB

BAZNAS Pamerkan Kerajinan Tangan Mustahik Ende

Kerajinan Tangan Mustahik Ende di Eco Fashion Week
Kerajinan Tangan Mustahik Ende di Eco Fashion Week
JAKARTA - DAKTA.COM : BAZNAS memperkenalkan hasil kerajinan tangan para mustahik dari Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam pameran Eco Fashion Week 2018 di Gedung Stovia pada Jumat (30/11). 
 
Menurut penjelasan dari Anggota Baznas Nana Mintarti, kegiatan ini mereka lakukan dalam rangka pemberdayaan kegiatan masyarakat dari wilayah pedalaman seperti NTT yang ternyata mempunyai karya batik tulis tidak kalah bagus dengan batik Jawa. 
 
"Ini sebagainya publikasi dan mencarikan jaringan agar para ibu-ibu ini, ternyata di Ende itu punya batik, punya tenun ikat yang luar biasa. Syukur-syukur ini menjadi jaringan pasar," tutur Nana. 
 
Menurut Nana produk kerajinan tangan seperti batik tulis atau kain tenun adalah produk eksklusif yang tidak bisa dilepas kepada pasar bebas karena pasti akan kalah bersaing. 
 
"Karena produk ini kan produk eksklusif, nggak mungkin kita lepas ke pasar bebas, ya pasti kalah dengan produk Cina yang hanya 100 ribuan. Nah ini tugas BAZNAS untuk memberikan pendampingan," imbuhnya. 
 
Eco Fashion Week Indonesia merupakan gerakan fashion pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan pertama kali pada 2018 ini dan didirikan oleh tiga orang founder yakni Merdi Sihombing, Myra Suraryo, dan Rita M Darwis. 
 
Pada pagelaran pertama ini, mereka mengangkat tema tentang melestarikan kekayaan seni tekstil Indonesia dengan metode ramah lingkungan.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1809 Kali
Berita Terkait

0 Comments