Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 09/11/2018 11:24 WIB

Distani Kabupaten Bekasi Dorong Petani Beralih ke Budidaya Padi Sehat

Bincang Publik bersama Penyuluhan Pertanian dari Dinas Pertanian Kab Bekasi Dr Triyono
Bincang Publik bersama Penyuluhan Pertanian dari Dinas Pertanian Kab Bekasi Dr Triyono
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi mendorong petani untuk beralih menggunakan budidaya tanaman padi sehat agar meningkatkan produktivitas hasil padi.
 
Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dr Triyono mengatakan jika petani menggunakan metode budidaya tanaman padi sehat akan menambah keuntungan para petani.
 
"Petani saat ini masih banyak menggunakan metode konvensional, kalau dia beralih ke budidaya tanaman padi sehat maka secara berkelanjutan akan meningkatkan produktivitas padi," kata Triyono dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Jumat (9/11).
 
Ia memaparkan, keunggulan metode budidaya tanaman padi sehat dibandingkan konvensional sangat menguntungkan dan dapat menjaga lingkungan.
 
"Budidaya tanaman padi sehat akan memulihkan kesuburan tanah karena menggunakan pupuk organik seperti kompos dan kandang," kata Triyono.
 
Selain itu, budidaya tanaman padi sehat juga akan mempengaruhi kesehatan konsumen, menghemat air, meningkatan kearifan lokal, dan menghasilkan produksi beras lebih berkualitas.
 
"Metode itu juga akan memperbaiki ekologi tanah menjadi seimbang dan lebih subur," katanya.
 
Menurutnya, para petani di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi sudah menerapkan budidaya tanaman padi sehat seperti di Cibarusah, Karang Satria, Cibitung, dan sebagainya.
 
"Metode ini harus lebih diinformasikan kepada seluruh petani karena dapat memaksimalkan produksi padi dan meningkatkan penghasilan," pungkasnya. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 113 Kali
Berita Terkait

0 Comments