Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/10/2018 08:06 WIB

CCTV Pemantau TMA Diluncurkan, KP2C Gelar Forum Diskusi Sungai

Aliran air di Kalimalang Kota Bekasi
Aliran air di Kalimalang Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono mengatakan akan membuka Forum Diskusi Sungai pada Sabtu (13/10) di Kota Bekasi.
 
Forum diskusi bertema "Hidup Aman dan Nyaman Bersama Sungai" ini digelar Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) bekerja sama dengan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang akan diikuti 200 peserta.
 
"Selain membuka acara diskusi, Staf Khusus Presiden akan meluncurkan CCTV KP2C di empat titik pantau Tinggi Muka Air (TMA) sungai Cileungsi, Cikeas, dan Kali Bekasi," ujar Ketua KP2C, Puarman, Jumat (12/10).
 
CCTV ini menjadi salah satu 'early warning system' ancaman banjir yang dibangun KP2C atas dukungan Protelindo. 
 
Menurut Ketua Panitia, Sancoyo Rahardjo, diskusi sungai ini merupakan kali kedua diselenggarakan KP2C sejak komunitas ini berdiri tahun 2016. Sebelumnya KP2C menggelar kegiatan Jalan Sehat yang dirangkai dengan edukasi tentang apa dan bagaimana sungai Cileungsi, Cikeas, dan kali Bekasi.
 
"Acara diskusi kali ini digelar dalam upaya membangkitkan  kepedulian dan pemahaman warga terdampak banjir tentang potensi ancaman dan pencegahan bencana banjir akibat meluapnya ketiga sungai tersebut," ujar Sancoyo. 
 
Selain menam10pilkan pembicara Ketua KP2C, Forum Diskusi ini  juga akan menghadirkan pembicara Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, Bambang Hidayah, dan Direktur Kesiapsiagaan/Perbaikan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Medi Herlianto. 
 
Diskusi ini juga menampilkan Pembahas, masing-masing Kepala Desa Bojong Kulur (Bogor), Firman Riansyah; Lurah Jatirasa (Bekasi), Nana Sutisna; dan Ketua Tim 156 Bojong Kulur.
 
Dari Forum Diskusi ini, KP2C akan mengeluarkan Rekomendasi KP2C tentang solusi pencegahan banjir. Rekomendasi ini akan dilayangkan kepada Presiden RI. **
Reporter : Elnoordiansyah
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 309 Kali
Berita Terkait

0 Comments