Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 11/10/2018 10:29 WIB

Kembangkan Wisata Halal, Kemenpar dan MUI Gelar Bimtek

Kementerian Pariwisata bersama MUI menggelar acara Bimbingan Teknis
Kementerian Pariwisata bersama MUI menggelar acara Bimbingan Teknis
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Pariwisata bersama MUI menggelar acara bimbingan teknis (Bimtek) untuk mengembangkan jalur wisata tematik berbasis halal di Swiss-BelHotel, Jakarta, Kamis (11/10). 
 
Menurut Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kemenpar, Oneng Setiaharini menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai potensi wisata dan pangsa pasar Muslim yang sangat besar sehingga pada kesempatan kali ini mereka akan mengemasnya untuk mengembangkan industri pariwisata ini. 
 
"Pertama kita punya potensi wisata yang luar biasa, tetapi masih banyak hal yang kita benahi termasuk kesadaran pelaku industri wisata yang menawarkan produk halalnya. Kedua kita ingin mematangkan paket wisata halal yang lebih banyak," tutur Oneng.
 
Namun Oneng juga mengemukakan sejumlah tantangan mereka dalam pengembangan wisata di antaranya adalah peranan pelaku industri dan pemerintah daerah setempat dalam memberikan jaminan kehalalan dari berbagai fasilitas yang disediakan oleh mereka untuk para wisatawan.
 
"Misalnya komitmen pemerintah daerah terhadap pengembangan wisata halal, kemudian pelaku industri yang belum memberikan jaminan kehalalan bagi wisatawan, ini masih perlu didorong," tutupnya. 
 
Dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memang berpotensi menjadi pusat industri wisata Muslim terbesar di dunia yang semestinya harus disadari oleh para pelaku bisnis pariwisata. 
 
Maka dari itu pada acara bimbingan teknis ini, mereka akan merumuskan penyelenggaraan wisata ramah Muslim untuk digunakan oleh seluruh komponen dalam ekosistem pariwisata agar memberikan layanan yang sesuai kebutuhan para wisatawan Muslim. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 461 Kali
Berita Terkait

0 Comments