Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 10/10/2018 15:21 WIB

Uhamka Bangun Potensi Mahasiwa Jadi Pengajar Profesional

Bincang Pendidikan bersama Ketua Program Studi PG-PAUD FKIP UHAMKA, Amelia Vinayastri, S.Psi, M.Pd
Bincang Pendidikan bersama Ketua Program Studi PG-PAUD FKIP UHAMKA, Amelia Vinayastri, S.Psi, M.Pd
BEKASI, DAKTA.COM - Mengajar pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak lah mudah, karena membutuhkan kesabaran dan kreativitas yang tinggi. Walaupun demikian, jika mengajar anak usia dini kita akan selalu merasa senang, bagaimana tidak? Setiap hari kita akan bertemu dengan anak kecil yang lucu dan menggemaskan.
 
Namun, mengajar PAUD juga harus memiliki ilmunya, bagaimana cara mengatasi anak kecil dengan beragam sifat dan karakter.
 
Menurut Kaprodi PG PAUD FKIP Uhamka, Amelia Vinayastri, M.Pd., seorang pengajar PG PAUD harus memahami betul kondisi psikologis anak dan cara guru bersikap di lingkungannya.
 
"Mereka harus tau bagaimana bersikap mengahadapi keluarga anak tersebut, cara bertutur kata yang baik, serta perkembangan anak dari usia 0-6 tahun," jelas Amelia dalam Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Rabu (10/10).
 
Ia menyampaikan, Uhamka sendiri mendidik mahasiswanya bukan hanya sekadar memberikan teori melainkan praktek langsung untuk berinteraksi dengan anak usia dini.
 
"Uhamka mempunyai School PAUD Permata, sehingga dari semester awal mahasiswa sudah mulai berinteraksi dengan anak usia dini. Karena kami di bawah perguruan Muhammadiyah, maka lulusan yang dihasilkan juga mementingkan keislaman," ucapnya.
 
Ia menambahkan, lulusan PG PAUD Uhamka bukan hanya didesain menjadi seorang pengajar melainkan juga sebagai pengelola PAUD ataupun entrepreneur.
 
"Lulusan kami tidak hanya menjadi pengajar, tetapi sebagai pengelolaan PAUD atau pun entrepreneur, misalnya membuka usaha penitipan anak dan menjual makanan berdasarkan kebutuhan anak usia dini," paparnya.
 
Dalam proses mengajar, mahasiswa Uhamka dibekali ilmu-ilmu tentang kesenian, psikologi, pengatar pengembangan anak, dan lainnya untuk menunjang menjadi seorang guru yang profesional dibidang PG PAUD. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 214 Kali
Berita Terkait

0 Comments